20 TAHUN JEMBER FASHION CARNIVAL

Tourism for Us – Perjalanan Jember Fashion Carnival (JFC) memasuki tahun ke-20 pada tahun ini. Karnaval ikonik di Indonesia itu dilaksanakan secara hybrid dan terbatas selama dua tahun terakhir karena pandemi. Dengan kondisi pandemi yang semakin terkendali, parade dapat dihelat lagi di jalanan di Kota Cerutu.

Kujang,satu dari 10 defile dalam JFC 2022.(Foto: Birkompublik Kemenparekraf)

Jember Fashion Carnival (JFC) 2022 mengusung tema ‘The Legacy’ dan menampilkan defile terbaik dari JFC ke-11 sampai ke-19. Parade dilaksanakan selama dua hari pada 6-7 Agustus 2022.

Presiden JFC 2022 Budi Setiawan mengatakan kepada Radar Solo, karnaval tahun ini mengangkat tema Legacy yang berarti warisan. Pagelaran dimaksudkan untuk menjaga dan meneruskan semangat dan pandangan pendiri Jember Fashion Carnival Dynand Fariz (alm.).

‘’Kami ingin menjaga semangat dari Mas Dynand. Sistem dari beliau,’’kata Budi.

Parade menampilkan 10 defile yaitu Madurese, Mahabarata, Betawi, Garuda, Majapahit, Aztec, Sriwijaya, Sasando, dan Kujang serta defile Poseidon yang tampil pada malam Grand Carnival, Minggu (7/8/2022). Kesepuluh defile melibatkan lebih dari 500 talent.   

Parade dilakukan di atas jalan sepanjang 3,6 kilometer. Dan pada perhelatan tahun ini parade dilakukan juga pada malam hari untuk pertama kali.

Selain parade defile, pengunjung juga menyaksikan sederet penampilan menarik lainnya:

WACI: Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan berkolaborasi dengan JFC. Beberapa perwakilan kota/kabupaten bergabung dalam WACI.

Artwear Carnival: menampilkan busana tematik para perancang, komunitas, dan jenama (brand) yang dibalut dengan konsep karnaval.

World Kids Carnival: peragaan busana anak-anak yang dibawakan dengan koreografi warna-warni dan kostum unik.

Pets Carnival: menampilkan hewan-hewan peliharaan.

Grand Carnival: puncak karnaval yang menampilkan parade kostum terbaik hasil kreativitas lokal dengan koreografi memikat.

JFC 2022 dimeriahkan dengan kehadiran Puteri Indonesia 2022 Laksmi Shari De Neefe Suardana dan Puteri Indonesia Pariwisata 2022 Adinda Chresheilla.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kepala Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pada malam Grand Carnival mengatakan, mengapresiasi kesuksesan pelaksanaan Jember Fashion Carnival 2022. JFC tidak hanya memperkuat salah satu ikon pariwisata dan ekonomi kreatif. Menparekraf berharap, karnaval di Jember ini bisa mengundang defile dari negara-negara lain baik dari ASEAN maupun negara-negara yang menggelar event karnaval serupa tahun depan.***(Yun Damayanti)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *