KEMENPAREKRAF KOLABORASI DENGAN NETFLIX PERKUAT PROMOSI PARIWISATA

Tourism for Us – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkolaborasi dengan Netflix dalam upaya memperkuat promosi pariwisata melalui konten dan mengembangkan film di Indonesia.

Kemenparekraf menandatangani MoU dengan Netflix. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat promosi pariwisata Indonesia. (Foto: Birkompublik Kemenparekraf)

Kerja sama antara Kemenparekraf dan Netflix ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Plt. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani dengan Direktur Kebijakan Publik Asia Tenggara Netflix Ruben Hattari.

Penandatanganan itu disaksikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan Wakil Presiden Kebijakan Publik Global Netflix Dean Garfield, Selasa (6/9/2022), di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

Kerja sama mencakup pembuatan ragam konten yang mengangkat potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Konten akan berisi destinasi pariwisata, kuliner, produk ekonomi kreatif dan cerita-cerita lokal autentik dari berbagai daerah yang akan membuka jendela dunia untuk Indonesia.

Dalam kerja sama ini, Netflix secara resmi merilis video promosi untuk kampanye Wonderful Indonesia. Video promosi tersebut berisi kompilasi klip dari berbagai konten orisinal Netflix yang menayangkan pemandangan destinasi pariwisata, kuliner, dan produk ekonomi kreatif. Kampanye ini akan dilanjutkan dengan kegiatan aktivasi dan konten daring lainnya untu mendorong minat wisatawan internasional berkunjung ke Indonesia dan wisatawan domestik berwisata di dalam negeri.

Kerja sama diluncurkan tepat setelah pengumuman terbaru dari Netflix terkait sederet film dan serial Indonesia yang akan tayang di platform ini.

Sejumlah tayangan terbaru tersebut adalah ‘’The Big 4’’, film aksi komedi pertama Timo Tjahjanto; serial drama ‘’Gadis Kretek’’ yang diproduseri oleh Shanty Harmayn dengan sutradara Kamila Andini dan Ifa Isfansyah; serial sci-fi thriller ‘’Nightmares and Daydream’’ besutan sutradara Joko Anwar; film coming-of-age berjudul ‘’Dear David’’ karya sutradara Lucky Kuswandi; komedi situasi ‘’Klub Kecanduan Mantan’’ arahan sutradara Salman Aristo; ‘’Hari Ini Kita akan Ceritakan Nanti’’ karya Angga Dwimas Sasongko; serial ‘’Komedi Kacau’’ dari penulis-sutradara Raditya Dika; dan sebuah proyek seru lainnya dari penulis-sutradara Ernest Prakasa.

Menparekraf Sandiaga berharap, melalui kerja sama ini dapat menyajikan data yang bisa dijadikan acuan termasuk konten-konten potensial yang bisa dikembangkan dan disajikan kepada masyarakat luas. Kemenparekraf perlu bekerja sama dengan perusahaan seperti Netflix dan mengarahkan ulang tujuan untuk sepenuhnya menjadi digital.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Presiden Kebijakan Publik Global Netflix Dean Garfield mengatakan, pihaknya optimis kolaborasi dengan Kemenparekraf akan membawa banyak manfaat. Ia pun berharap bisa menghadirkan lebih banyak lagi cerita orisinal Indonesia kepada penonton di dunia internasional.

Sebelumnya, Netflix telah berkolaborasi dengan pemangku kepentingan perfilman di tanah air seperti menghadirkan workshop pengembangan cerita.

‘’Indonesia memang luar biasa. Kita tahu, beberapa storytellers terbaik dunia ada di Indonesia. Kita tahu beberapa tempat terindah di dunia ada di Indonesia. Jadi ini adalah kesempatan untuk menampilkan keduanya. Ini juga merupakan kesempatan bagi kami membangun beberapa kemitraan yang kami miliki di sini,’’ kata Dean.***(Yun Damayanti)     



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *