INILAH BIS PALING KREATIF DI INDONESIA

Tourism for Us – White Horse mungkin jadi bis paling kreatif di Indonesia saat ini. Mulai dari sistem pemesanan yang ramah konsumen-baik individu maupun bisnis-, menawarkan poin bagi pelanggan setia, paket-paket wisata, terhubung dengan ritel  yang menjual kebutuhan yang dicari penumpang, hingga bis yang ramah terhadap hewan peliharaan.

WH Piknik untuk grup keluarga. Foto: White Horse)

White Horse di era pandemik mengusung tagline ‘Adapt to Change’. Perusahaan transportasi darat ini mempersiapkan produk-produknya untuk dapat berdapatasi dengan perubahan-perubahan baru yang bergerak cepat. Lini bisnisnya terdiri dari White Horse Deluxe Coach, Day Trans Intercity Shuttle yang melayani rute Bandung-Jakarta, layanan wisata lokal lengkap Gray Line, dan Explorer yang menyediakan paket-paket wisata singkat dengan menggunakan armada bis dalam bentuk Open Trip dan Private Trip yang ditujukan bagi FIT.

Sistem pemesanannya sudah online dan bisa diakses melalui situs resmi www.whitehorse.co.id dan aplikasi bergerak Android baik untuk pelanggan B-to-C maupun B-to-B. Di dalam aplikasinya tersedia fitur-fitur seperti waiting list untuk membuat pelanggan masuk dalam antrian apabila unit tidak tersedia, reward untuk mengumpulkan poin yang dapat dikalkulasikan pada pemesanan berikutnya (saat ini berlaku poin No Expired).

Sistem pemesanan White Horse sudah online dan terintegrasi. [Sumber; White Horse]

White Horse menyasar target grup-grup kecil. Pergerakan pelanggan FIT lebih banyak daripada grup-grup besar yang justru jauh berkurang pada masa pandemi sekarang. Bis-bis WH Gowes dan Pet Bus menyasar grup-grup komunitas. Sedangkan bis-bis WH One dan WH Piknik menyasar grup-grup keluarga. Produk-produk WH One Luxury dan tipe WH yang unik-unik sudah diluncurkan sejak sekitar tahun 2019.

“Sekarang naik bis jadi terasa lebih nyaman dan aman serta murah di era pandemi yang memerlukan social distancing,“ ujar Dodit dari White Horse di ajang ASITA Jakarta Travel Mart 2021.

Produk-produk WH saat ini baru tersedia di Jakarta. Harapan ke depannya produk-produk tersebut akan tersedia di kota-kota lain. White Horse juga berencana menambah rute-rute selain yang sudah ada saat ini yaitu Jakarta, Jogja, Semarang, dan Bali.

White Horse fokus pada implementasi protokol kesehatan di armada dan kru (driver dan helper). Armada didisinfeksi tiga kali yakni sebelum berangkat dari pool, setelah penumpang turun di tempat tujuan, dan saat bis kembali ke pool. Setiap armada dilengkapi hand sanitizer. Pada saat melakukan disinfeksi pun staf mengenakan APD. Selain itu, setiap karyawan, driver dan helper wajib menggunakan masker, dicek suhu tubuh, dan saat kembali ke pool driver dan helper dicek lagi suhunya, langsung cuci tangan/mandi, dan beristirahat. Dan karyawan White Horse sudah divaksin.

White Horse Group telah berpengalaman selama 37 tahun. Layanannya mencakup penanganan bandara, pernikahan, antar-jemput karyawan, bis sekolah dan transportasi MICE. Operator ini pun telah mengantongi Sertifikasi ISO 900: 2008 dan OHAS 18001: 2007. ***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *