Kolaborasi Dagadu Djokdja Hasilkan Kelas Kreatif untuk Pilihan Aktivitas Wisata Yogyakarta

Yogyatourium
Interior Yogyatourium

Yogyakarta sudah sejak lama terkenal sebagai salah satu kota kreatif di Indonesia yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Hal ini turut memunculkan tren aktivitas wisata yang melibatkan kerajinan tangan (craft) di kota pelajar ini. Kini, sangat mudah menemukan agen perjalanan maupun market place produk wisata yang menyediakan berbagai macam aktivitas kerajinan tangan untuk melengkapi kegiatan tur di Yogyakarta.  

Berbagai aktivitas wisata seni kerajinan tangan (craft) yang menjamur di Yogyakarta tersebut, disambut baik oleh Dagadu Djokdja yang berkolaborasi dengan Eko Nugroho Art Class dan Paguyuban Panjang Umur Hidup Kreatif (PUHK). Hasil kolaborasi tersebut diberi nama Kelas Kreatif Dagadu Djokdja yang diselenggarakan di Yogyatourium.

Yogyatourium sendiri adalah singkatan dari Yogya Tourism dan Laboratorium yang berlokasi di Jalan Gedongkuning Selatan no. 128, Kotagede. Didirikan sejak 2013, Yogyatourium digunakan selain sebagai gerai penjualan produk-produk Dagadu Djokdja, Dagadu Bocah, Oblongpedia, Hiruk Pikuk, dan DGD, juga dimanfaatkan oleh masyarakat Yogyakarta dan siapapun yang sedang berkunjung ke Yogyakarta sebagai creative space & community hub. Bangunan dengan desain unik seluas 2809m2 ini, kerap digunakan sebagai tempat pameran karya-karya desain, presentasi dan diskusi bulanan bertajuk JAMASAN (Jagongan Malam Santai, program kolaborasi dwi tahunan Commision Work, atau berbagai hal-hal kreatif lain.

Kelas Kreatif Dagadu Djokdja terbuka untuk umum dan dapat diselenggarakan menyesuaikan dengan keinginan peserta. Ada sembilan pilihan kelas kreatif yang dapat diikuti berbagai kalangan usia, mulai dari color string in T-shirt, tie-dye totebag, tie-dye masker, kreasi wayang kertas, cute doll bottle, membatik gerabah, batik abstrak, workshop membuat gerabah, dan eco-print bag.

Dagadu Djokdja merancang program ini bagi siapapun, termasuk bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, dengan jadwal yang fleksibel. Peserta dapat memilih sendiri waktu dan hari yang diinginkan kecuali saat hari libur Nasional. Paket Kelas Kreatif  dapat diikuti dengan minimal peserta sebanyak sepuluh orang. Seluruh paket sudah termasuk alat dan fasilitator, merchandise Dagadu, e-certificate, welcome drink dan snack.   

Yogyatourium dan Dagadu Djokdja juga menyediakan paket bundling kreatif yang menggabungkan dua jenis aktivitas dalam satu waktu. Ada tiga paket kreatif dengan harga yang sangat terjangkau. Harga paket sudah termasuk fasilitator, alat dan pewarna, welcome drink, snack, sertifikat, dan hasil kreasi yang dapat dibawa pulang. Untuk paket bundling kreatif ini dapat diikuti dengan jumlah peserta minimal lima orang.

foto: instagram Yogyatourium
foto: instagram Yogyatourium

Selain program kelas kreatif, Dagadu Djokdja juga mengadakan Creativepreneur Class yakni sebuah kelas singkat berisi berbagai pilihan materi seperti kewirausahaan, Creative Marketing, Creative Process dan lain sebagainya. Dagadu Djokdja dengan pengalaman lebih dari 27 tahun siap berbagi inspirasi serta gagasan-gagasan kreatif kepada peserta Creativepreneur Class. Program ini dapat diikuti oleh siapa pun dengan jadwal yang fleksibel dan minimum peserta sebanyak sepuluh orang. Tersedia tiga pilihan paket dengan harga terjangkau dan semuanya sudah termasuk materi sesuai permintaan, merchandise Dagadu dan coffee break. (ayu)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *