MUSEUM BANK INDONESIA ‘REBORN’, ANTI MATI GAYA

Tourism for Us – Publik dapat mengunjungi Museum Bank Indonesia (MuBI) di kawasan Kota Tua Jakarta mulai hari Kamis, 7 Juli 2022. Dengan semangat ‘Reborn’, MuBI telah mempersiapkan berbagai layanan dan wahana terbaru guna semakin meningkatkan kualitas dan pengalaman berkunjung Sahabat MuBI. Tentu saja berbagai fasilitas pendukung itu memenuhi standar protokol kesehatan dan CHSE. Dan kunjungan ke museum sekarang anti mati gaya.

Peresmian pembukaan kembali Museum Bank Indonesia,Rabu (6/7/2022),di Jakarta. (Foto: Yun Damayanti)

Museum Bank Indonesia dapat dikunjungi pada hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00 sampai pukul 15.00 WIB. Kunjungan grup juga sudah bisa dilakukan dengan pemberitahuan sebelumnya.  

Selama berada di MuBI, anak-anak dapat lebih menikmati kunjungannya sekarang. Karena pengelola museum menyediakan satu ruangan (seksi) yang dirancang khusus untuk mereka mengenal sejarah perekonomian dan keuangan di Indonesia. Orang dewasa yang menemani pun tidak akan bosan dan bisa bermain sambil belajar bersama anak-anak mereka.

Dalam rangka dibukanya kembali MuBI, mulai hari ini sampai dua minggu ke depan, ada pameran temporer ‘’Merawat Ingatan Masa Lalu’’. Di pameran khusus itu pengunjung dapat melihat buku laporan keuangan De Javasche Bank, cikal bakal Bank Indonesia.

Selain itu, pengunjung MuBI juga dapat menikmati 9 walls display, Augmented Reality, Café Musem Bank Indonesia, dan photobooth.

Koleksi-koleksi MuBI tetap dikelola dengan baik selama pandemi. Konservasi terhadap koleksi numismatik maupun non-numismatik berjalan secara rutin. Penataan koleksi numismatik yang juga menjadi masterpiece MuBI turut dilakukan.

Pada acara peresemian pembukaan kembali MuBI, Rabu (6/7/2022), di inner court Museum Bank Indonesia, Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono yang hadir secara daring menyampaikan, adaptasi menjadi kata kunci pembelajaran dari pandemi bagi Bank Indonesia untuk bisa tetap hadir dan terus mendukung pertumbuhan ekonomi di kala pandemi.

Begitu juga dengan Museum Bank Indonesia, yang merupakan satu sarana komunikasi kebijakan Bank Indonesia. Kala pandemi, MuBI tetap hadir dengan segudang inovasi untuk bisa terus mengedukasi Sahabat MuBI di mana pun berada. MuBI pun secara aktif melakukan sosialisasi untuk terus mendukung kebijakan terkini Bank Indonesia melalui berbagai konten di media sosial.

Walaupun kunjungan luring telah diaktifkan kembali, kegiatan daring MuBI yang dilakukan selama pandemi akan tetap dilanjutkan.*** (Yun Damayanti)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *