CEBU PACIFIC DAN ANEKA KARTIKA TOURS & TRAVEL SERVICES MEMIKAT 20 MEDIA FILIPINA BERAKHIR PEKAN DI BALI

Tourism for Us – Selama akhir pekan pada 4-6 November 2022, Cebu Pacific menerbangkan 20 jurnalis dari Manila ke Bali untuk merasakan kekayaan budaya, pemandangan indah, dan makanan lezat di berbagai destinasi di Pulau Dewata. Ini dilakukan dalam kemitraan dengan Aneka Kartika Tours & Travel Services, inbound operator tur Indonesia, dan beberapa bisnis lokal lainnya.

Famtrip media Filipina oleh Cebu Pacific diikuti 20 jurnalis. Famtrip diorganisasi oleh inbound tour operator Aneka Kartika Tours & Travel Services.(Foto: Aneka Kartika ours & Travel Services)

Cebu Pacific, maskapai terkemuka Filipina, telah meningkatkan layanan antara Manila dan Bali dari 5 kali seminggu menjadi 7 kali seminggu mulai awal Oktober 2022.

Penerbangan Cebu Pacific berkode 5J 279 berangkat dari Manila pada pukul 03.45 waktu setempat dan tiba di Bali pada pukul 07.50 WITA. Penerbangan kembalinya, 5J 280, dijadwalkan berangkat dari Bali pada pukul 08.35 WITA dan mencapai Manila pada pukul 12.45 waktu setempat.

Famtrip kali ini membawa media Filipina merasakan pengalaman short weekend gateway. Dengan lama penerbangan selama empat jam dari Manila, ini merupakan perjalanan yang layak dilakukan untuk berakhir pekan di Bali.  

Selama 3 hari 2 malam, mereka diajak menginap maupun visit ke  akomodasi-akomodasi di tempat-tempat terkenal di area pantai Kuta dan Seminyak yang terkenal dengan fasilitas rekreasi dan hiburan serta pusat budaya Pulau Dewata di Ubud.  

Di antara perjalanan antarakomodasi, peserta juga mengunjungi Batuan Temple, Pura Saraswati di Pura Saren Ubud, dan berkeliling di sekitar Ubud Square. Kemudian mengunjungi Taman Ayun, pura milik kerajaan, dan Tanah Lot. Tempat-tempat terkenal dan ikonik itu menyampaikan cerita baru setelah tidak dikunjungi oleh wisatawan selama dua tahun.

Persinggahan pertama setelah mendarat di Bali adalah Adhi Jaya Hotel. Di sini peserta famtrip sarapan lalu dilanjutkan dengan hotel visit. Lokasi hotel berada di dekat Pantai Kuta, Waterbom Bali, Discovery Shopping Mall – area perbelanjaan kelas atas-, dan kehidupan malam. Interior kontemporernya memiliki sentuhan pesona Bali.

Pada malam pertama di Bali, media Filipina menginap di The Royal Pita Maha untuk pengalaman tinggal di resor mewah yang dimiliki oleh keluarga Kerajaan Ubud.

Resor ini memiliki koleksi vila dengan kolam renang pribadi dan fasilitas pendukung yang menghadap ke Sungai Ayung yang menyajikan keindahan tak lekang oleh waktu. Ini adalah surga bagi mereka yang ingin menyegarkan pikiran, tubuh, dan jiwa.

Masih di area resor, Taman Dedari adalah daya tarik wisata baru di Ubud. Taman ini dilengkapi dengan restoran yang buka untuk makan siang dan makan malam. Restoran menyajikan makanan Bali, Indonesia, dan Barat. Di sini peserta famtrip dijamu dengan makan malam bergaya bangsawan Ubud (rajalaya style dinner). Dari sini pengunjung dapat menikmati pemandangan sunset terbaik di Sungai Ayung dan Ubud. Dan patung 49 Malaikat sebagai pemandangan latar belakang restoran menambah keindahan sekitarnya.

Ubud tidak hanya menawarkan pengalaman klasik tetapi juga kontemporer. Peserta famtrip lalu diajak hotel visit ke The Samaya Ubud, sebuah resor vila butik kontemporer Bali yang disajikan dengan luar biasa dan lengkap. Lokasinya berada di Desa Sayan, 15 menit ke arah utara Ubud.

Ada berbagai vila mewah yang memiliki satu, dua dan tiga kamar tidur. Dikelilingi sawah terasering dan hutan, hotel ini menawarkan pengalaman Bali modern yang megah bagi para tamu.

Dua restoran di The Samaya Ubud menawarkan pengalaman’lebih dari sekedar bersantap’. Scene Restaurant yang terletak di tingkat paling atas resor menghadap ke lereng bukit dan sawah yang hijau. Di dek restoran Swept Away pengunjung akan merasakan berada dekat sekali dari sungai.

The Semaya juga memiliki properti di kawasan Seminyak. The Samaya Seminyak hanya beberapa langkah dari pantai Seminyak dan Petitenget.

Di resor tepi pantai ini para tamu dapat memilih vila baik di sisi pantai atau di Royal Courtyard di seberang jalan. The Breeze, restoran di dalam resor yang berada di tepi pantai menawarkan pengalaman bersantap yang indah dengan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler.

Pada hari terakhir di Bali, peserta famtrip media kembali ke area Kuta. Kali ini Peserta famtrip diperkenalkan dengan resor tepi pantai lainnya, The Patra Bali Resort and Villas. Di resor bintang 5 itu peserta diajak merasakan menginap di akomodasi yang kerap kali menjadi tuan rumah bagi para elit dan pejabat.

Sebelumya, Aneka Kartika Tours & Travel Services juga mengorganisasi famtrip media bersama dengan mitranya di Filipina dan maskapai Cebu Pacific. Kedua famtrip diselenggarakan secara mandiri. Rencana perjalanan pengenalan disusun dan dikemas bersama dengan melihat target pasar dan media yang akan menyampaikannya. Ini termasuk pemilihan akomodasi, daya tarik wisata dan pengalaman yang hendak diangkat kepada publik.

Dengan membawa jurnalis dari media-media terkemuka di Filipina dalam perjalanan pengenalan (familiarization trip/famtrip) diharapkan dapat mengundang lebih banyak wisatawan dari Filipina untuk datang dan menjelajahi apa yang Bali tawarkan. Hasilnya? ‘’It works,’’ ujar Adjie Wahjono dari Aneka Kartika Tours & Travel Services. Dan memang, wisatawan dari Filipina yang berlibur ke Pula Dewata terus bertambah.***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *