INDONESIA TRAVEL FAIR 2023 BANTU DORONG PERGERAKAN WISNUS

Tourism for Us – Indonesia Travel Fair (ITF) 2023 akan berlangsung pada 17 hingga 19 Februari 2023 di Mall Kota Kasablanka Jakarta. Penyelenggaraan ITF tahun ini diharapkan semakin mendorong perjalanan wisatawan Nusantara (wisnus) dalam payung program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI). Salah satu upaya untuk mencapai target 1,4 miliar pergerakan wisnus pada 2023 adalah melalui pameran pariwisata semacam ini.

(Foto: Birkompublik Kemenparekraf)

ITF 2023 didukung oleh Asosiasi Maskapai Penerbangan Indonesia (INACA) bekerja sama dengan Raja MICE dan ASEAN Tourism Association (ASEANTA) serta Bank Indonesia sebagai bank mitra.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan tertulisnya mengapresiasi peran aktif dari pihak industri yang kembali menggelar Indonesia Travel Fair yang memasuki penyelenggaraan ke-20.

Pengunjung dapat membeli tiket pesawat ke berbagai tujuan dengan harga khusus selama pameran berlangsung. Dengan dukungan INACA pada penyelenggaraan pameran tahun ini, penawaran tidak terbatas dari maskapai penerbangan berjadwal saja tetapi juga dari maskapai-maskapai penerbangan tidak berjadwal.

INACA menginformasikan, sampai saat ini lima maskapai penerbangan nasional anggotanya sudah mengkonfirmasikan partisipasinya. Maskapai-maskapai itu adalah Pelita Air, AirAsia, Citilink, Sriwijaya dan Namair.

‘’Maskapai-maskapai tersebut nantinya akan menawarkan tiket dengan harga khusus untuk penerbangan tidak berjadwal baik bagi korporasi maupun bagi perorangan dengan menggunakan pesawat terbang sayap tetap maupun rotary wing (helikopter),’’ ujar Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja.

Wakil Ketua Umum INACA Arif Wibowo menambahkan, maskapai penerbangan anggota INACA akan memberi harga tiket khusus yang lebih baik kepada pengunjung dibanding travel fair lainnya.

‘’Kawasan ASEAN terutama Indonesia mempunyai potensi pariwisata besar yang dapat kita jual ke masyarakat dunia. Dengan dukungan transportasi udara yang bagus kami berharap pariwisata Indonesia dan ASEAN dapat lebih meningkat lagi,’’ kata Presiden ASEANTA Eddy Krismeidy.

Panca R. Sarungu, CEO Raja MICE dan Chief Community TEPANAS (Teman Parekraf Nasional), menyampaikan, berdasarkan pengalamannya melaksanakan lebih dari 50 travel fair dalam 10 tahun terakhir, ia melihat pola perjalanan masyarakat Indonesia belum terencana atau last minute travellers dan sangat mudah dipicu oleh penawaran menarik.

ITF 2023 menargetkan 20.000 pengunjung selama tiga hari pameran. Dan transaksi penjualan langsung senilai Rp 40 miliar.

ITF tahun ini juga merupakan tahap akhir dari rangkaian kegiatan INACA Festival 2022 yang terdiri dari webinar, risk management training, turnamen golf, dan Rapat Umum Anggota (RUA).***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *