EIGER BUKA TOKO INTERNASIONAL PERTAMANYA DI INTERLAKEN, SWISS

Tourism for Us – EIGER, merk penyedia perlengkapan kegiatan luar ruang asli asal Indonesia, membuka toko internasional pertamanya di Interlaken, Swiss, pada 15 Maret 2023 lalu. Kota yang diapit dua danau dan berada di kaki Gunung Eiger itu merupakan salah satu tujuan wisatawan dunia menikmati beragam aktivitas luar ruang dan petualangan.  

Toko EIGER di Interlaken, Swiss. (Photo Courtesy of Eiger)

Toko EIGER di Swiss membawa identitas Indonesia: menjadi pembuktian optimisme dan standar kualitas brand asli asal Indonesia yang semakin mapan, agar bisa bersaing di pasar global; menjadi ajang untuk mengenalkan budaya dan keindahan alam Indonesia; dan berbagai lini produk yang ideal digunakan untuk melakukan aktivitas luar ruang di negara tropis seperti Indonesia.

Produk yang dijual di Toko Eiger di Swiss secara umum sudah lengkap. Semua kebutuhan untuk berkegiatan di luar ruang mulai dari kepala sampai celana ada, kecuali sepatu. Sedangkan untuk ukurannya tersedia hybrid, ada ukuran untuk orang Asia dan Eropa.

Dalam siaran pers, Ronny Lukito, Founder  PT Eigerindo Multi Produk Industri (Eigerindo MPI), perusahaan yang menaungi brand EIGER mengatakan,“Kami bertumbuh sampai hari ini dengan cerita panjang bersama konsumen EIGER, mendengar cerita dari konsumen di Indonesia bahkan dunia. Tantangan bagi kami untuk terus belajar, berkarya, melakukan inovasi, kolaborasi dan pemberdayaan dengan semangat berkelanjutan. Hingga akhirnya pada 15 Maret 2023, kami bisa mewujudkan mimpi yang telah lama disiapkan, untuk pertama kalinya toko EIGER di luar Indonesia dibuka di kaki Gunung Eiger, berada di kota Interlaken, Swiss.”

Christian Sarsono, CEO EIGER, menerangkan, langkah global EIGER di Swiss menjadi pembelajaran yang sangat berharga bagi keluarga besar EIGER, termasuk industri pemasok dan mitra UMKM yang mendukung perjalanan EIGER hingga hari ini. Dari Swiss, EIGER belajar menetapkan acuan untuk terus berkembang dan kelak berekspansi ke negara-negara lain.

“Kami hadir di kota Interlaken, Swiss, membawa nama EIGER sebagai salah satu brand lokal kebanggaan Indonesia yang berupaya terus konsisten memenuhi standar persyaratan kualitas dan persyaratan sustainability yang ketat di Swiss. Dan produk ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan negara subtropis dengan empat musim,” cerita Chris.

Chris menambahkan, proses pembukaan toko internasional pertama di Swiss, adalah proses panjang yang dijalankan secara konsisten dan terukur dengan melibatkan berbagai pihak. Chris berharap, pembukaan toko di Swiss akan membawa dampak positif bagi berbagai komunitas masyarakat di Swiss, juga untuk konsumen EIGER di Indonesia maupun Eropa. Salah satu pendukungnya adalah Kedutaaan Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Swiss dan Liechtenstein Muliaman Hadad dan Walikota Interlaken Phillippe Ritschard hadir pada pembukaan Toko Eiger di Swiss.

Dalam sambutannya, Dubes Muliaman mengatakan, toko internasional pertama di kota Interlaken membuktikan EIGER adalah produk lokal yang semakin mendunia. Industri di Indonesia sudah seharusnya menjadikan Swiss sebagai pintu masuk untuk memasarkan produknya di Eropa. Apa yang dilakukan EIGER dengan membuka toko di Interlaken dapat menjadi pionir bagi brand Indonesia lain untuk masuk ke pasar global.

Sedangkan Walikota Interlaken mengatakan, kota Interlaken mendukung perluasan pasar untuk brand asal Indonesia. Dia pun berharap langkah ini bisa ditiru dan menjadi pionir bagi produk Indonesia lainnya untuk masuk ke pasar Swiss. Dan brand EIGER bakal menjadi opsi baru yang berkualitas bagi komunitas warga Swiss sekaligus mengenalkan Indonesia kepada warga Swiss dan turis asing.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberikan selamat atas pembukaan toko internasional pertama EIGER. Toko EIGER di Swiss bisa menjadi medium untuk mengenalkan Indonesia lebih luas lagi di pasar Eropa dan mengundang semakin banyak orang untuk menikmati keindahan alam Indonesia.

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), mendukung pembukaan Toko Eiger di Swiss.  Menkop UKM mengatakan, dengan dibukanya toko internasional pertama EIGER di Swiss dapat menjadi inspirasi bagi pelaku UMKM lainnya. Langkah EIGER merupakan momentum untuk mendorong kemajuan industri perlengkapan outdoor dan menjadi pembuka perluasan akses pasar bagi produk Indonesia di Eropa.

Shulhan Syamsur Rijal, Public Relation Executive PT Eigerindo MPI, menambahkan, secara bertahap, dari ribuan produk EIGER yang dijual di Indonesia sedang didaftarkan dan dikembangkan lagi dari sisi desain dan sertifikasinya.

‘’Ini dilakukan agar bisa menembus standar dan sustainability di Swiss,’’ kata Shulhan.

Eiger merupakan sebuah merek penyedia perlengkapan kegiatan luar ruang asal Indonesia yang sudah mendukung kegiatan petualangan luar ruang sejak tahun 1989.

Fokus pada “Tropical Adventure”, EIGER Adventure menawarkan tiga kategori aktivitas utama yang mencakup berbagai kegiatan luar ruang yaitu EIGER Mountaineering, EIGER Riding, dan EIGER 1989.

Saat ini, EIGER Adventure sudah memiliki 7 toko flagship dan 215 toko di 27 provinsi seluruh Indonesia. Terinspirasi dari Gunung Eiger dan standar kualitas tinggi negara Swiss, EIGER Adventure membuka toko global pertamanya di Jungfraustrasse nomor 2, Interlaken, Swiss pada 2023.

EIGER Adventure juga hadir melalui berbagai online platform seperti marketplace dan www.eigeradventure.com.***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *