AGELESS BICYCLIST SINGAPURA GOWES KELILING BATAM SAMBIL BAKSOS

Tourism for Us – Ageless Bicyclist Singapura mendatangi Kota Batam untuk merasakan sensasi bersepeda mengelilingi Kota Batam selama akhir pekan minggu lalu. Organisasi sosial nirlaba dari Singapura ini rutin mengadakan kegiatan bersepeda bareng disertai aksi sosial yang bertujuan untuk menghubungkan komunitas inklusif dengan berbagai kemampuan melalui program rekreasi sepeda yang berpengalaman, khususnya untuk anak-anak dengan gangguan spektrum autisme (ASD).

Ageless Bicyclist Singapura menikmati bersepeda keliling Kota Batam sambil bakti sosial (baksos/charity). (Foto: Hotel Santika Batam)

Ageless Bicyclist Singapura menggandeng Hotel Santika Batam dalam menggelar aksi bersepeda dan sosial yang dilakukan pada Sabtu (20/5/2023) dan Minggu (21/3/2023). Di tengah usia peserta yang sudah tidak terbilang muda, para anggota Ageless Bicyclist Singapura berhasil menyelesaikan rute sejauh 47 kilometer dengan medan yang terbilang cukup menantang. Bahkan hujan tidak menyurutkan semangat para pesepeda itu.

Dalam keterangan tertulisnya, General Manager (GM) Santika Batam Sukardi mengatakan, kegiatan bersepeda diikuti penuh antusias oleh peserta yang membawa serta sepedanya dari Singapura.

“Untuk kegiatan bersepeda dimulai pada Minggu pagi sekitar pukul tujuh. Rute dimulai dari Hotel Santika Batam hingga jembatan dua Barelang, lalu balik ke hotel lagi,” kata Sukardi.

Sebelum berangkat, para peserta diberikan briefing dan pembekalan seputar kondisi lalu lintas di Kota Batam. Briefing dipandu oleh pihak Maxi Bikes Kota Batam. Briefing diadakan untuk memperkenalkan rambu-rambu lalu lintas di Kota Batam, seperti rambu untuk satu jalur dan dua jalur. Hal ini dilakukan supaya semua merasa aman dan nyaman saat bersepeda serta tidak membahayakan pengguna jalan lainnya.

Peralatan safety atau keselamatan disiapkan dalam aksi bersepeda ini. Diantaranya, dukungan kendaraan roda empat untuk mengantisipasi bila di antara peserta ada yang tidak bisa menyelesaikan rute atau kondisi sepedanya bermasalah.

Kegiatan bersepeda itu ternyata mendapatkan apresiasi daripara peserta. Sejumlah anggota Ageless Bicyclist Singapura mengaku bahagia menjalani aksi bersepeda dengan Santika Hotel Batam. Apalagi selama perjalanan, peserta dimanjakan panorama indah Kota Batam.

Hal yang tak kalah menarik dari aksi bersepeda yang digelar Ageless Bicyclist Singapura dan pihak Hotel Santika Batam adalah momen berbagi kebahagiaan bersama anak-anak di salah satu panti asuhan. Seperti diketahui, organisasi Ageless Bicyclist Singapura sejak dulu dikenal sangat lekat dengan kegiatan olahraga bersepeda sekaligus aksi sosial.

Aksi sosial digelar di Panti Asuhan At Taqwa Kota Batam. Sejumlah anggota Ageless Bicyclist Singapura merasakan kedekatan erat dengan anak-anak panti asuhan. Bahkan nuansa keharuan tercipta dari aksi sosial tersebut.

Hotel Santika Batam sendiri kerapkali menggandeng komunitas dalam kegiatan, seperti komunitas pembawa acara, komunitas pelukis, hingga komunitas pelari Kota Batam. Sukardi berharap kegiatan serupa dapat dilakukan kembali dalam waktu dekat.***(Yun Damayanti)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *