KEMENPAREKRAF GELAR MISI PENJUALAN LAGI DI TIONGKOK, DORONG JUNEYAO AIRLINES LAYANI RUTE KE INDONESIA

Tourism for Us – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali menggelar misi penjualan ke Tiongkok. Kali ini misi penjualan berlangsung di kota Shanghai pada 16 Mei 2023 bertempat di The Langham, Shanghai, Xintiandi. Dan di kota Hangzhou pada 18 Mei 2023 bertempat di Courtyard by Marriott Hangzhou West.

Kemenparekraf kembali menggelar sales mission (misi penjualan) di kota Shanghai dan Hangzhou, Tiongkok, minggu lalu. (Foto: Birkompublik Kemenparekraf)

Misi penjualan diikuti oleh 10 penjual yang telah dikurasi dari berbagai bisnis pariwisata di Bali and Beyond seperti operator tur/agen perjalanan, hotel hingga pelayaran. Misi ini juga didukung penuh oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Shanghai, maskapai penerbangan lokal Juneyao Airlines, Papatonk dan Atlas Beach Fest Bali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam pernyataannya di Jakarta, Selasa (16/5/2023), mengatakan, dari misi penjualan ini menargetkan tidak hanya mampu meningkatkan jumlah wisatawan Tiongkok yang datang, tapi juga meningkatkan kualitas wisatawan melalui peningkatan lama tinggal, mendorong lebih banyak destinasi wisata yang dikunjungi serta mendorong lebih banyak belanja.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini menekankan lagi pentingnya konektivitas untuk mempercepat pemulihan pariwisata Indonesia dan menarik lebih banyak kunjungan wisatawan Tiongkok.

‘’Penerbangan langsung akan memfasilitasi lebih banyak kunjungan turis Tiongkok ke Indonesia. Oleh karena itu, kami melakukan upaya terbaik untuk meningkatkan jumlah penerbangan langsung yang menghubungkan kota-kota besar di Tiongkok dengan kota-kota besar di Indonesia. Dan juga mendorong mitra maskapai asing seperti Juneyao Airlines untuk membuka rute penerbangan baru ke Indonesia sehingga dapat memenuhi kapasitas penumpang setidaknya untuk tingkat pra-pandemi,’’ kata Ni Made.

‘’Semua upaya ini diharapkan dapat mengembalikan jumlah kunjungan wisatawan Tiongkok ke Indonesia sebelum pandemi yang mencapai dua juta,’’ ujar Wisnu Sindhutrisno, Direktur Pemasaran Pariwisata Kawasan Asia Pasifik Kemenparekraf/Baparekraf.

Kemenparekraf juga menindaklanjuti MoU kerja sama dengan VFS Global di antaranya, pembukaan Wonderful Indonesia Corner (WIC) di kantor VFS Global Shanghai pada 17 Mei 2023. WIC ini menjadi yang ke-2 setelah diluncurkan di WAFI City Mall Dubai beberapa waktu lalu.

Juneyao Airlines

Juneyao Airlines adalah maskapai penerbangan lokal Cina yang berbasis di Shanghai. Dikutip dari situsnya, maskapai ini mengoperasikan hub penerbangannya di Bandara Internasional Hongqiao dan Pudong. Maskapai terutama mengoperasikan transportasi udara domestik untuk penumpang, kargo dan surat, serta charter bisnis dan wisata.

Rute penerbangannya berasal dari Shanghai (Bandara Hongqiao dan Pudong) mencakup lebih dari 50 kota, seperti Beijing, Tianjin, Hong Kong, Macao, Guangzhou, Chongqing, Urumqi, Shenzhen, Wenzhou, Changsha, Qingdao, Sanya, Taiyuan, Kunming, Chengdu, Dalian, Harbin, Shenyang, Changchun, Yantai, Fuzhou, Xiamen, Taizhou, Changzhi, Beihai, Longyan, Guilin, Baotou, Hohhot, Hailar, Wuhan, Shijiazhuang, Zhengzhou, Haikou, Nanning, Dongying, Nanchang, Zhuhai, Guiyang, Xi’an dan lain-lain. Selain rute domestik, Juneyao Airlines juga membuka rute penerbangan internasional (regional) ke Chiangmai, Phuket, Bangkok di Thailand; Jeju, Gangwon-do, di Korea Selatan; serta negara-negara tetangga lainnya.

Juneyao Airlines menargetkan pasar bisnis dan rekreasi kelas menengah dan atas. Sebagai operator penerbangan internasional yang disetujui, maskapai ini akan secara bertahap meningkatkan penerbangan ke Asia Tenggara, Jepang, dan Korea.

Juneyao Airlines memulai penerbangan perdananya pada 25 September 2006. Hingga Agustus 2013, maskapai ini telah memiliki 35 pesawat Airbus A320 baru. Bisa dikatakan, maskapai itu memiliki armada termuda di Cina dengan usia rata-rata pesawat 2,5 tahun.

Pada bulan Juli 2009, Juneyao Airlines lulus audit dari International Air Transport Association (IATA) dan secara resmi menerima sertifikat pendaftaran IATA Operational Safety Audit (IOSA).

Juneyao Airlines Co. Ltd. (Juneyao Airlines) adalah anak perusahaan dari Shanghai Juneyao (Group) Co. Ltd, salah satu dari 100 Perusahaan Swasta Teratas di China.

Sementara ini, Juneyao Airlines baru membawa wisatawan charter dari Tiongkok ke Bali. Probali Tours, salah satu perusahaan operator tur yang mengikuti misi penjualan di Shanghai dan Hangzhou berharap, maskapai ini bisa melayani penerbangan reguler ke Pulau Dewata nantinya.***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *