IBIS BANDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA KULON PROGO DAN NOVOTEL BANDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA KULON PROGO SIAP LAYANI WISATAWAN DAN PEJALAN BISNIS KE DIY

Tourism for Us – Accor Group meluncurkan dua akomodasi terbaru di dekat Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo (NYIA). Jaringan hotel internasional itu membuka ibis Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo dan Novotel Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo pada Kamis (2/11/2023). Perayaan pembukaan menandai dimulainya operasi penuh, siap untuk memenuhi kebutuhan akomodasi dan penyelenggaraan acara.

(Foto: Accor Hotels)

Kedua hotel ini berdampingan dan berada di lokasi strategis, hanya 5 menit berkendara dari Bandara Internasional Yogyakarta dan Stasiun Kereta Bandara. Kedua akses tersebut juga memastikan kemudahan aksesibilitas ke pusat kota Yogyakarta dan destinasi wisata lainnya. Selain itu, lokasi hotel memberikan jalur alternatif menuju Borobudur, salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

Garth Simmons, Chief Executive Officer Divisi Premium, Menengah dan Ekonomi Accor Asia, dalam pernyataan tertulisnya mengatakan, “Kami sangat bersemangat untuk merayakan pembukaan Novotel dan ibis, dua merek ternama Accor, di Kulon Progo, Yogyakarta. Komitmen kami untuk memberikan layanan yang luar biasa dan menciptakan masa menginap yang berkesan kini terlihat sepenuhnya, menawarkan pengalaman tak tertandingi kepada para tamu kami sejak mereka tiba.”

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang diwakili oleh Direktur Akses Pembiayaan Anggara Hayun Anujuprana menyatakan, “Kehadiran hotel pada tahun ini sangat tepat, bertepatan dengan kebangkitan sektor pariwisata. Kami memiliki hotel baru, berlokasi dekat bandara. Wisatawan yang tiba di bandara Yogyakarta dapat mampir ke hotel-hotel tersebut dan kemudian melanjutkan perjalanan ke berbagai destinasi wisata.”

Lebih lanjut Anggara Hayun menegaskan, dengan hadirnya Novotel dan ibis, para pemangku kepentingan ekonomi kreatif di sekitar Kulon Progo dapat menjadi bagian penting dalam rantai pasok kedua hotel tersebut. Selain itu, berbagai destinasi seperti desa wisata dapat berkembang dan berkolaborasi sehingga mendorong pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang diwakili oleh Kepala Biro Pembangunan dan Pembangunan Infrastruktur Daerah Yudi Ismono mengungkapkan, “Hotel-hotel ini bukan sekedar hotel untuk menginap, namun juga pintu gerbang untuk mengeksplorasi keindahan alam dan keagungan budaya Kulonprogo. Kami percaya bahwa industri perhotelan tidak hanya menyediakan akomodasi tetapi juga menciptakan peluang pengembangan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.”

Plt. Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti menuturkan, “Lokasi hotel-hotel ini merupakan bagian dari desain kawasan aerotropolis yang mendukung bandara internasional. Kita bersyukur karena hadirnya dua hotel ini berarti kita telah menyerap tenaga kerja, termasuk dari pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM). Mudah-mudahan ini tidak hanya bermanfaat bagi sektor kuliner tapi juga kerajinan kita. Ke depannya, kami berharap dapat berkolaborasi untuk menarik wisatawan menginap di Kulon Progo dengan fasilitas hotel yang lengkap serta memajukan perekonomian khususnya di Kabupaten Kulon Progo.”

Direktur PT Lentera Prosper Indo, pemilik Novotel dan ibis Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo, Lawrence Yu, mengungkapkan, “Yogyakarta merupakan salah satu pusat destinasi pariwisata dan budaya di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri bahwa sektor pariwisata merupakan sarana penting untuk memperkenalkan diri kepada dunia luar dan membantu memberikan manfaat sosial dan ekonomi. Kehadiran Novotel dan ibis diharapkan dapat mendongkrak perekonomian di wilayah Kulon Progo dan sekitarnya, memajukan usaha kecil dan menengah, memajukan potensi pariwisata Kulon Progo, dan membuka lapangan kerja.”

Novotel Beach Run

Sebagai bagian dari perayaan grand opening digelar Novotel Beach Run pada tanggal 28 Oktober 2023. Event lari ini bekerja sama dengan komunitas lari setempat. Rutenya melintasi pemandangan alam sekitar Kulon Progo.

Titik awal perjalanan adalah Novotel Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo. Kemudian melintasi Desa Wisata Glagah dan berpuncak di Pantai Glagah. Acara diakhiri dengan pelepasan bayi penyu di Pantai Glagah, sebuah pantai indah dengan hamparan pasir hitam luas dan laguna.***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *