KAI PERBARUI KERETA MAKAN KA BIMA DAN ARGO SEMERU, PENUMPANG AKAN PEROLEH PENGALAMAN BARU

Tourism for Us – Perjalanan panjang dari Jakarta ke Surabaya dengan kereta api sekarang tidak lagi melelahkan dan membosankan. Karena selain tersedia beragam pilihan jenis kereta, fasilitas dan pelayanan di atas kereta juga terus diperbaiki, diperbarui dan ditingkatkan.

Kereta makan bernuansa Suite Class di KA Bima dan KA Argo Semeru relasi Jakarta Gambir-Surabaya Gubeng. (Foto: PT KAI)

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) menghadirkan kereta makan bernuansa Suite Class yang dirangkaikan pada KA Bima relasi Jakarta Gambir-Surabaya Gubeng PP mulai Sabtu (4/11/2023). Adapun kereta makan sejenis juga akan dirangkaikan pada KA Argo Semeru relasi Jakarta Gambir-Surabaya Gubeng PP. Kereta makan bernuansa Suite Class di KA Argo Semeru ditargetkan dapat dioperasikan pada bulan Desember 2023.

Kereta makan bernuansa Suite Class menggantikan kereta makan yang sebelumnya dirangkaikan pada KA Bima dan KA Argo Semeru. Desain kereta makan yang baru dibuat menyerupai kereta Suite Class Compartment. Sehingga seluruh pelanggan KA Bima dan KA Argo Semeru nantinya dapat menikmati hidangan di kereta makan dengan lebih nyaman dan nuansa yang lebih mewah.

‘’Hadirnya kereta makan bernuansa Suite Class ini bertujuan untuk meningkatkan layanan terhadap pelanggan KA Bima dan KA Argo Semeru. Baik pelanggan kereta Suite Class Compartment maupun kereta kelas Eksekutif dapat menikmati kereta makan baru ini,’’ ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.  

Desain interior kereta makan bernuansa Suite Class mengusung tema ‘Nature with Harmony’ dengan memadukan warna dan motif alam dan kearifan budaya nasional. Motif lingkar Borobudur dengan sudut pandang dari atas yang terangkai berwarna toska menghiasi dinding lorong kereta makan. Warna toska dipilih karena itu mencerminkan alam Indonesia yakni warna hijau bumi dan warna biru laut samudera. Warna tersebut juga memberi kesan sejuk.

Ukiran perisai talawang dari material kayu menampilkan motif burung enggang menghiasi plafon. Sedangkan lantainya menggunakan material tahan air dan ramah lingkungan dengan motif kayu. Ukiran kayu memperkuat nuansa Indonesia dan lantai motif kayu menciptakan suasana hangat.

Fasilitas-fasilitas yang tersedia di kereta makan juga turut diperbaharui. Seperti sofa yang lebih empuk dan nyaman, musala yang lebih mewah dan kini dilengkapi dengan tempat wudlu. Kemudian, display menu dan area pemesanan yang lebih apik, serta peralatan masak yang serba modern dan baru.

Joni menambahkan, sementara ini belum ada menu baru dan chef on board. KAI merencanakan, menu-menu baru dan chef yang on board di kereta akan diluncurkan pada periode Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. Restoran kereta Suite Class KA Bima menyediakan makanan fresh food, frozen food, dan produk siap santap lainnya yang sudah terjamin kualitas dan rasanya.

‘’Kami ingin mengajak seluruh pelanggan untuk berkuliner di atas kereta api dengan produk-produk yang kami sajikan,’’ tutur Joni.

Ke depan, KAI akan menambah fitur baru khusus bagi pelanggan kereta Suite Class Compartment yakni pemesanan menu makanan melalui video on demand (VoD) di kompartemen masing-masing. Sehingga pelayanannya akan semakin ekslusif.

Kereta Suite Class Compartment diresmikan pada 10 Oktober 2023. Sejak 10 Oktober s.d. 2 November 2023, total 1.798 pelanggan KAI sudah menikmati kereta Suite Class Compartment. Dengan rincian, kereta Suite Class Compartment KA Bima sebanyak 799 pelanggan dan KA Argo Semeru sebanyak 999 pelanggan.

‘’Dengan hadirnya kereta makan bernuansa Suite Class ini, kita harapkan minat masyarakat untuk bertransportasi menggunakan transportasi massal kereta api semakin tinggi,’’tutup Joni. ***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *