EVENT KEN 2024 TERSELENGGARA MERATA SEPANJANG TAHUN HARUS BERIKAN MULTIPLIER EFFECT KEPADA MASYARAKAT

Tourism for Us – Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang merangkum 110 event berkualitas akan terselenggara secara merata sepanjang tahun. Ini yang membedakan penyelenggaraan KEN 2024 dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya. Dengan meratanya penyelenggaraan event diharapkan mampu meningkatkan perekonomian nasional dan memberikan multiplier effect kepada masyarakat.

(Foto: Birkompublik Kemenparekraf)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat meluncurkan KEN 2024 bertajuk ‘’Budaya Indonesia Panggung Dunia’’ di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (27/1/2024), mengatakan, KEN harus mampu mendorong peningkatan perekonomian dearah. Ia juga berharap, KEN 2024 yang menyajikan kegiatan menarik seperti musik, budaya, seni karnaval, hingga kuliner bisa meningkatkan pergerakan wisatawan Nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman).

Penyelenggaraan KEN 2023 telah berkontribusi terhadap peningkatan nilai produksi barang dan jasa (output) di Indonesia mencapai Rp 212,2 miliar serta Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang mencapai Rp 198,6 miliar.  

Sementara itu, nilai perputaran uang atau pergerakan ekonomi dari 7,36 juta pengunjung (lokal, domestik, maupun asing) pada KEN 2023 mencapai Rp 12,38 triliun.

‘’Targetnya tahun ini ada peningkatan pergerakan ekonomi hingga bisa mencapai 20-25 persen dari tahun lalu. Dan harapannya juga ikut menopang 1,2 miliar sampai 1,5 miliar pergerakan wisnus di 2024,’’ ujar Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf menekankan, tidak hanya event saja yang ditonjolkan namun pemberdayaan UMKM dan kuliner andalan daerah juga ditampilkan sehingga kuliner-kuliner lokal bisa semakin dikenal wisatawan.

‘’Zona kuliner paling tinggi peminatnya. Dan berdasarkan data, 63 persen wisatawan berkunjung ke suatu daerah untuk berburu kuliner. Untuk itu, di setiap KEN harus ada zona kuliner untuk memperkenalkan kuliner-kuliner terbaik di daerahnya kepada wisatawan,’’ kata Menparekraf.

Pada saat peluncuran KEN 2024, Presiden Joko Widodo melalui rekaman video mengapresiasi promosi rangkaian event yang tergabung dalam KEN 2024 menjadi magnet kunjungan wisnus dan wisman.

‘’Saya mengapresiasi penyelenggaraan 110 perhelatan dalam KEN yang secara konsisten mempromosikan keindahan destinasi wisata dan keunikan budaya bangsa kita. Semoga event dapat menjadi magnet bagi wisatawan dalam negeri dan wisatawan mancanegara,’’ ujar Presiden Jokowi.

Kepala Negara juga berharap, melalui program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kunjungan wisatawan tak hanya melirik keindahan alam namun juga menikmati kekayaan atraksi dan budaya tanah air.

‘’Dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah, sektor swasta dan masyarakat maka pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia akan bangkit,’’kata Presiden.

Bagi wisatawan yang ingin menghadiri berbagai event di Indonesia sepanjang tahun bisa melihat informasi melalui laman event.indonesia.travel atau melalui situs resmi dan akun media sosial Kemenparekraf.      

Sebagai informasi, pekan depan ada event Grebeg Sudiro di Solo, Jawa Tengah; Festival Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat, dan seterusnya.

‘’Festival-festival akan diselenggarakan sepanjang tahun. Sehingga wisatawan juga bisa mudah dalam menentukan tanggal untuk hadir di acara KEN,’’ tutup Menparekraf.***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *