KEMENPAREKRAF PASTIKAN INDUSTRI PAREKRAF SIAP HADAPI MUSIM LIBUR LEBARAN 2024

Tourism for Us – Jelang memasuki musim liburan Lebaran 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkolaborasi bersama seluruh pemangku  kepentingan memastikan kesiapan industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dalam menghadapi musim libur Lebaran 2024.

Dalam ‘‘The Extended Weekly Brief with Sandi Uno’’, Senin (1/4/2024), di Manhattan Hotel, Jakarta, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Rizki Handayani mengatakan, Kemenparekraf bersama seluruh pemangku kepentingan terkait berupaya menyiapkan ekosistem industri parekraf mulai dari akomodasi, maskapai dan atraksi.

Tingkat hunian hotel pada momen libur Lebaran tahun ini diproyeksikan meningkat hingga 10 persen. Puncaknya diperkirakan pada H+2 Lebaran.

‘’Tidak hanya akomodasi, pada musim libur Lebaran tahun ini hotel-hotel juga banyak yang telah menyiapkan aktivitas di dalam hotel atau resor juga paket diskon. Jadi hal ini sangat menggairahkan tidak hanya untuk calon wisatawan tapi juga industri itu sendiri,’’ ujar Rizki.

Kemenparekraf mendorong hotel-hotel menyiapkan paket-paket diskon menginap ataupun paket-paket berbuka puasa selama bulan Ramadhan sekaligus mempersiapkan diri menjelang libur Hari Raya Idul Fitri. (Foto: Birkompublik Kemenparekraf)

Online travel agent (OTA) telah banyak memberikan informasi serta  kemudahan atau fleksibilitas bagi masyarakat untuk pemesanan kamar.

Terkait konektivitas, maskapai-maskapai penerbangan telah menyiapkan total 6,72 juta kursi untuk 16 hari periode Lebaran 2024. Jumlah itu setara dengan 420 ribu kursi per hari yang terbang ke seluruh wilayah di Indonesia.

Total armada yang tersedia mencapai 420 pesawat. Beberapa maskapai penerbangan seperti Citilink, AirAsia dan Scoot telah mengajukan rute tambahan penerbangan internasional.

‘’Mudah-mudahn nanti bisa kita dorong untuk penghitungan carbon footprint calculator,’’ kata Rizki.  

Kemenparekraf juga telah menghimbau kepada para pengelola atraksi wisata untuk terus menerapkan prinsip CHSE (cleanliness, health, safety, environmental sustainability). Itu guna memastikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan.

‘’Juga dengan memastikan penambahan sarana dan prasarana di destinasi seperti menyiapkan kantong-kantong parkir dan penambahan petugas pelayanan pengunjung,’’ imbuh Rizki.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menambahkan, potensi pergerakan masyarakat selama musim libur Lebaran akan turut mempercepat laju roda perekonomian nasional.

‘’Kita berharap, perjalanan mudik tahun ini dapat berjalan aman, tenang dan nyaman. Mometum Ramadhan ini juga bisa menjadi berkah kita bersama untuk bisa memajukan parekraf yang berkelanjutan,’’ Menparekraf Sandiaga.

‘‘The Extended Weekly Brief with Sandi Uno’’ minggu ini didukung mitra-mitra co-branding Wonderful Indonesia yakni The Ascott Limited (Harris Hotel,Yello Hotel, dan Fox Hotel), Manhattan Hotel Jakarta, Traveloka, Trans Studio Entertainment, Grab Indonesia, Tokopedia, Taman Impian Jaya Ancol, EL Hotel Bandung, Waterbom Bali, dan Whitehorse Group. ***(Yun Damayanti)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *