MENPAREKRAF UNGKAPKAN PRAKTIK PARIWISATA BERKELANJUTAN INDONESIA DI AVPN ABU DHABI 2024

Tourism for Us – Praktik-praktik pariwisata berkualitas dan berkelanjutan menjadi dasar utama dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Indonesia. Ini yang akan dan terus dilakukan dalam mencapai visi ‘’Indonesia Emas 2045’’.

(Foto: Birkompublik Kemenparekraf)

‘’Melalui ekonomi berbasis pengetahuan juga ekonomi hijau dan biru yang inklusif dan berkelanjutan, Indonesia akan dapat membuka potensi besarnya sebagai tujuan pariwisata global,’’ ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di hadapan forum ‘’AVPN Global’’, Selasa (23/4/2024), di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Menparekraf menjadi salah seorang pembicara di forum ini.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, komitmen terhadap pariwisata berkelanjutan ditunjukkan melalui berbagai program kementerian yang telah dilaksanakan sepanjang tahun. Beberapa di antaranya, program CHSE, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), penghitungan jejak karbon, dan pendampingan serta bantuan pengelolaan sampah.

Kemudian, Menparekraf memaparkan sejumlah program yang akan mendukung pengembangan ekonomi ke depan di antaranya 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

DPSP merupakan terobosan untuk membantu mempromosikan destinasi wisata selain Bali. Sedangkan KEK Pariwisata menawarkan berbagai peluang investasi seperti akomodasi, makanan dan minuman, wellness and health tour yang berkonsep regeneratif berkelanjutan dan hal-hal menarik lainnya di sektor ekonomi kreatif dan digital.

Indonesia telah menyuarakan komitmen akan menjalankan praktik-praktik berkelanjutan di forum-forum internasional lainnya seperti saat Presidensi G20 Indonesia 2022 dan Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023.

Dua event tersebut menujukkan kepemimpinan Indonesia dalam pemulihan ekonomi global. Selain itu juga menjelaskan pencapaian Indonesia yang mengesankan kepada dunia menjadi titik awal untuk memulihkan kepercayaan ekonomi pascapandemi di dalam dan luar negeri.

‘’Perekonomian Indonesia saat ini cukup baik dengan rata-rata pertumbuhan tahunan PDB melebihi 5 persen dalam satu dekade terakhir,’’ kata Menparekraf Sandiaga. ***(Yun Damayanti)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *