AJTM 2021 JADI AJANG PROMOSI PERJALANAN WISATA DI DALAM NEGERI

Tourism for Us – Keinginan wisatawan domestik berwisata di dalam negeri sangat signifikan. Dan warga Jakarta sudah ingin sekali bisa bepergian keluar dari Ibukota.

Jongky Adiyasa, ketua panitia ASITA Jakarta Travel Mart (AJTM) 2021, menerangkan, pandemi COVID-19 yang pada awalnya tampak mulai mereda di Indonesia, rencana pembukaan pariwisata di Bali pada kuartal ketiga 2021, dan wisata domestik yang akan didorong lebih dahulu merupakan awal dari pertimbangan melaksanakan pasar AJTM pada 17 Juni 2021. Operator tur dan agen perjalanan di Jakarta juga sudah menerima pertanyaan-pertanyaan dan permintaan quotation. Pertanyaan paling banyak diajukan adalah destinasi mana saja yang mempunyai aksesibilitas yang baik serta bagaimana peraturan dan pelaksanaan protokol kesehatan di daerah tujuan dan lain sebagainya.  

“Kami lihat, memang sudah waktunya bertemu. Mari kita lanjutkan membuat rencana-rencana kegiatan pasca pandemi. Operator tur dan agen perjalanan di Jakarta butuh memutakhirkan informasi dan produk-produk dari pelaku pariwisata di daerah agar bisa melayani kliennya. Apalagi pandemi sudah berjalan selama lebih dari setahun,“ ujar Jongky.

Dengan mempertimbangkan situasi di Jakarta, AJTM 2021 dilakukan secara virtual. Meskipun demikian, antusiasme perusahaan-perusahaan untuk ikut pasar pariwisata tahunan ini cukup tinggi. Agar peserta, sellers dan buyers, bisa memperoleh informasi yang lebih banyak dan memungkinkan untuk mencapai kesepakatan-kesepakatan bisnis baru maka panitia membatasi jumlah peserta pada penyelenggaraan tahun ini.

Melihat permintaan warga Jakarta yang ingin dapat bepergian keluar Jakarta tinggi maka alokasi sellers dari berbagai daerah di Indonesia lebih banyak. Mereka datang di antaranya dari Bali, Surabaya, Kalimantan, Manado, dan Nusa Tenggara Timur. Dari Jakarta paling banyak dari perusahaan penyedia transportasi wisata. Sedangkan buyers yang sudah mengkonfirmasi kehadirannya mencapai 65 perusahaan, semua berasal dari Jakarta dan merupakan anggota ASITA Jakarta.

AJTM 2021 virtual dibagi dalam dua sesi yakni sesi pagi untuk travex dan sesi siang untuk free dealing. Pada sesi travex akan dilakukan sistem roundrobin layaknya seperti yang dilakukan secara offline. Dengan demikian, buyers bisa lebih mengenali untuk memilih seller mana yang akan ditemuinya di free dealing. Event ini berlangsung selama sehari.*** (Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *