‘TASTE OF INDONESIA’ MENGESANKAN WARGA SENIOR DI PARIS

Tourism for Us – Pada siang hari di puncak musim panas, salad a la Indonesia yang terdiri dari beragam buah dan segelas minuman herbal dingin terbuat dari kunyit terasa sangat menyegarkan. Cita rasa yang sama sekali baru bagi warga senior di Paris yang menghadiri Festival Des Seniors 2021 membuat mereka bertanya-tanya, bahkan ada yang sampai ingin bepergian ke Indonesia.

Taste of Indonesia mengesankan warga senior di Paris yang hadir di Festival Des Seniors 2021.(Foto: VITO Perancis)

Lagi-lagi Indonesia mendapat kehormatan dari kota Paris, Perancis. Pada Festival Des Seniors tahun ini, berlangsung pada 19 Juli sampai 27 Agustus 2021, Indonesia memperoleh kesempatan dua kali memperkenalkan Taste of Indonesia yakni pada 18 dan 27 Agustus.

Pada kesempatan pertama, VITO Perancis/Rumah Indonesia Paris memberikan presentasi mengenai Indonesia dan membuat demo masakan Nusantara yakni salad buah (semacam asinan buah) dan jamu dari kunyit. Setiap peserta mendapat kesempatan mencicipi salad buah dan jamu kunyit. Selain itu, mereka juga bisa membeli produk-produk Indonesia seperti jamu-jamuan dan cokelat yang disediakan oleh Rumah Indonesia (Le Maison de L’Indonesie),

Untuk menjaga protokol kesehatan selama pandemi, penyelenggara festival membatasi jumlah peserta sebanyak 30 orang per acara. Tetapi di acara untuk Indonesia, peserta yang hadir mencapai 38 orang. Peserta tidak banyak mengetahui tentang Indonesia. Banyak dari mereka belum pernah ke Indonesia.

Acara ‘Taste of Indonesia’ menarik lebih banyak peserta di Festival Des Seniors 2021. [Foto; VITO Perancis]

“Itu membuat mereka sangat tertarik dan antusias. Dan bahkan ingin berkunjung ke Indonesia,“ ujar Eka Moncarre, Country Manager VITO Perancis.

Presentasi mengenai Indonesia dan memperkenalkan gastronominya di festival ini bekerja sama dengan Walikota Paris 5. Festival khusus bagi warga senior itu setiap hari mengangkat tema berbeda dengan mitra-mitra yang berbeda pula.

“Jadi ini merupakan kesempatan yang sangat berharga. Kegiatan marketing pariwisata Indonesia bisa terus berjalan,“ tambah Eka Moncarre.*** (Yun Damayanti)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *