POST TOUR JITM 2021: UP DATE DESTINASI YOGYAKARTA NEW NORMAL

Tourism for Us – Yogyakarta ingin memberikan pengalaman budaya lebih mendalam bagi wisatawan. Meskipun demikian, Jogja paham keinginan wisatawan: sebisa mungkin berada di luar ruang (outdoor) tapi juga terlihat indah di Instagram. Program post tour Jogja International Travel Mart 2021 (JITM) membawa operator tur dan agen perjalanan domestik dari Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi untuk mengalami sendiri produk-produk yang disiapkan guna mengakomodasi tren perjalanan tahun 2022.

Pinus Pengger dan konsep outdoor

Hutan pinus di Bantul tidak hanya berfungsi melindungi kawasan yang berada di bawahnya tetapi sekarang juga menjadi atraksi wisata alam. Masyarakat mengelola hutan pinus itu dan membentuk paguyuban Wana Wisata Budaya Mataram. Ada empat hutan pinus dalam wana wisata budaya Mataram yakni Gunung Pengger/Pinus Pengger, Puncak Becici yang dikunjungi Presiden AS Barack Obama ketika berada di Yogyakarta, Pinussari, dan Seribu Batu. Kealamian hutan pinus dipertahankan dengan tambahan bangunan buatan untuk swafoto. Di Pinus Pengger, lokasinya berlatar belakang Gunung Merapi di kejauhan.

Ketua JITM 2021 Edwin I. Himna mengatakan, konsep outdoor juga mempengaruhi restoran dan kafe di Yogyakarta. Salah satunya di Kejawa Resto di Sleman. Resto ini berdiri di halaman luas dan terdiri dari beberapa bangunan tunggal. Dengan konsep yang mirip kluster, restoran dapat mengakomodasi tamu-tamu grup namun tidak menimbulkan kerumunan besar di satu tempat.

Kampung Batik Giriloyo Wukirsari

Para pembatik di Kampung Batik Giriloyo Wukirsari masih melestarikan motif klasik batik yang berasal dari Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Menariknya, di antara para pembatik berasal dari daerah lain dan tidak memiliki latar belakang atau keterampilan membatik. Mereka dilatih dan sekarang cinta membatik. Menurut salah seorang pembatik, di desa itu ada sekitar 600 pembatik aktif. Regenerasi pembatik berjalan cukup baik.

Sedangkan untuk pengalaman belanja lainnya, peserta post tour diajak ke Yogyatorium, outlet Dagadu yang menawarkan konsep unik generasi Milenial dan Z. Tas Gendhis, tas rajut produk lokal untuk pasar menengah ke atas. Dan berkunjung ke pabrik bakpia Juwara Satoe.*** (Yun Damayanti)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *