KEMENPAREKRAF DAN AIRASIA GELAR SALES MISSION DI KL, JARING LEBIH BANYAK WISATAWAN MALAYSIA PASCAPANDEMI

Tourism for Us – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bersama AirAsia belum lama ini melaksanakan Wonderful Indonesia & AirAsia Sales Mission 2022. Misi penjualan berlangsung sehari pada 18 Oktober 2022 di AirAsia RedQ, Kuala Lumpur, Malaysia.

(Foto: Yun Damayanti)

Wonderful Indonesia & AirAsia Sales Mission 2022 merupakan aktivasi pemasaran pariwisata yang bertujuan untuk mempromosikan kembali Bali sebagai destinasi wisata unggulan pascapandemi. Selain itu juga dipromosikan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas.

Kemenparekraf mengkoordinasikan sembilan sellers yang semuannya dari Bali. Mereka bertemu dengan 50 buyers top agents yang telah dipilih oleh AirAsia sebelumnya. Pemilihan tersebut berdasarkan track record penjualan paket ke Indonesia. Dan misi penjualan dilakukan dengan format table top.

Adapun sembilan sellers dari Bali yang mengikuti misi penjualan di pasar Malaysia tersebut yaitu Mason Adventure, Maharaja Tour & Travel Bali, Sinar Mentari, Santrian Resort, MJ Tour & Travel, PT Bali Coklat (Junglegold Bali), Ena Dive & Marine Adventures, Maxone Ubud Bali, dan The Royal Pita Maha.

Malaysia merupakan salah satu pasar utama pariwisata Indonesia. Negeri tetangga itu selalu berada dalam daftar lima besar penyumbang terbesar wisatawan mancanegara. Pada tahun 2019 wisatawan Malaysia yang berkunjung ke Indonesia mencapai 2,9 juta wisatawan.

Maka dengan digelarnya misi penjualan bersama low cost carriers terbaik dunia di Kuala Lumpur minggu lalu merupakan bagian dari upaya meningkatkan lagi kunjungan wisatawan asal Malaysia ke Indonesia pascapandemi.

Tahun ini Kemenparekraf memfokuskan pada upaya promosi melalui kolaborasi dengan pelaku utama bisnis pariwisata dalam dan luar negeri yakni agen perjalanan/operator tur, hotel dan maskapai penerbangan. Di antara upaya promosi itu berupa misi penjualan dan kerja sama terpadu.

‘’Selain untuk mendorong jumlah kunjungan wisatawan Malaysia ke Indonesia, kami berharap upaya ini akan memberikan dampak langsung yang positif bagi masyarakat dan pelaku usaha pariwisata di Indonesia,’’ kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwista dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

‘’Melalui sales mission ini diharapkan para agen perjalanan/operator tur dari Malaysia bisa mendapatkan informasi terkini mengenai Bali bersama dengan penawaran paket-paket dari para pelaku industri pariwisata Bali yang kami ajak pada kegiatan ini,’’ kata Ni Made Ayu Marthini, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf.***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *