INTERNATIONAL TRAVEL SHOW 2022: WARGA AS GEMBIRA BISA LIBURAN LAGI KE INDONESIA

Tourism for Us – Enam sellers dari Indonesia yang berpartisipasi di International Travel Show 2022 (ITS) sumringah di tengah musim gugur di kota New York. Buyers dari Amerika Serikat maupun internasional, pun warga New York, yang datang ke paviliun Wonderful Indonesia memberikan respon positif dan excited. Pada umumnya mereka mengatakan akan datang dan mengeksplorasi Indonesia pada tahun 2023 atau 2024.

Excited.Itulah yang dirasakan baik oleh sellers maupun buyers yang bertemu di paviliun Wonderful Indonesia di ITS 2022,New York,AS.[Credit photo to Come2Indonesia]

International Travel Show 2022 telah berlangsung pada 28-30 Oktober 2022 di Jacob K. Javits Convention Center, New York, Amerika Serikat. Selain enam sellers, terdiri dari biro perjalanan wisata (BPW), hotel dan grup transportasi pariwisata, paviliun Wonderful Indonesia dilengkapi dengan destination information desk, barista yang menyajikan kopi bali, dan Indonesia food testing yang disiapkan oleh Chef Yono. Tidak ketinggalan penampilan seni dan budaya berupa pertunjukan empat tarian dari berbagai daerah.

Perwakilan dari Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) di New York hadir di paviliun Wonderful Indonesia selama tiga hari event berlangsung. KJRI mendukung penuh kegiatan promosi pariwisata di salah satu pameran pariwisata paling dihormati di Amerika Serikat tersebut.  

Barbara Purwa dari KCBJ Tours Bali mengatakan, respon dari pengunjung ITS 2022 yang datang ke paviliun Wonderful Indonesia masih positif.

‘’Mereka gembira. Mereka akan mengunjungi dan mengeksplorasi Indonesia dalam tahun 2023 atau 2024,’’ ujar Barbara.

Hal senada juga disampaikan oleh Melysa dari Come2Indonesia dan Explore Sumba, operator tur dengan pasar utama Spanish speaking. Melysa mengakui, pada awalnya memang terasa lamban. Tetapi pada hari-hari berikutnya agen-agen perjalanan maupun tamu-tamu langsung berdatangan dan tampak sangat antusias.

‘’Mereka berhenti di paviliun Indonesia. Mereka mencari berbagai informasi umum mengenai Indonesia. Warga New York yang datang ke pameran juga tampaknya gembira sekali bisa bepergian lagi ke Indonesia pada tahun-tahun mendatang. Menurut kami, kita butuh untuk terus mempromosikan Indonesia, khususnya off-the-beaten track,’’ tutur Melysa.

ITS 2022 mengangkat tema ‘’The Future of Travel’’. Pada hari pertama adalah sesi khusus bagi pelaku industri pariwisata (travel trade) dan media perjalanan. Pada hari kedua dan ketiga pameran dibuka untuk konsumen dan travel trade.

ITS, penerus dari New York Times Travel Show, adalah sebuah event berkelas dunia bagi pelaku industri pariwisata dan konsumen yang menampilkan seminar-seminar edukasi dan aktivasi, serta menjadi showcase bagi ratusan perusahaan perjalanan dan destinasi dari seluruh dunia. Event ini juga sebagai platform untuk solusi yang muncul bagi pasar pariwisata global.

Taste the of the World

Kuliner telah menjadi bagian pengalaman tidak terpisahkan dari suatu perjalanan. Pengalaman kuliner tidak melulu hanya untuk foodies melainkan juga dicari oleh setiap wisatawan. Dan ITS menyediakan program khusus untuk itu.

Pada perhelatan ITS 2022, Indonesia berkesempatan mengangkat Spice Up the World di program Taste of The World Theater yang dibawakan oleh Doug Duda. Chef Yono Purnomo, diaspora Indonesia pemilik sekaligus chef executive Indonesian fine dining restaurant Yono’s yang terkenal di New York, didapuk untuk memperagakan memasak rendang dan nasi goreng pada hari kedua, Sabtu, 29 Oktober 2022, pukul 2 siang waktu setempat. Program ini dipersembahkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Doug Duda ialah pembawa acara di A & E International TV series The Well Seasoned Traveler.  Dalam 20 tahun terakhir, Doug telah membawa pengalaman kuliner internasional termasuk Taste of The World di pameran-pameran pariwisata di Miami, Atlanta, Boston dan New York.

Nama Chef Yono Purnomo sendiri sudah dikenal secara luas di seluruh Amerika Serikat. Chef Yono sering tampil di berbagai acara televisi di antaranya Today Show di stasiun TV ABC dan The Food Network.

Setelah mendapat berbagai informasi yang dicarinya, para pengunjung pameran yang datang ke paviliun Indonesia langsung mengantri untuk mencicipi nasi goreng dan rendang buatan Chef Yono. Sang chef sendiri yang menyiapkan dan melayaninya. Untuk sementara, pengunjung mengesampingkan kopi indonesia, demi memuaskan keingintahuannya atas dua makanan Indonesia yang dipilih oleh CNN dalam daftar makanan terenak dunia selama beberapa tahun.***(Yun Damayanti)       



1 thought on “INTERNATIONAL TRAVEL SHOW 2022: WARGA AS GEMBIRA BISA LIBURAN LAGI KE INDONESIA”

  • Senang mengetahuinya, semoga mereka yang datang ke Indonesia juga mengeksplorasi bagian timur khususnya maluku utara yamg terkenal denhan kepulauan rempah.the spices islands

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *