80 PEKERJA PERHOTELAN DI KOTA BATAM IKUTI UJI KOMPETENSI BERSTANDAR ASEAN DARI BNSP

Tourism for Us – Industri hospitality di Batam, Kepulauan Riau, terus meningkatkan kualitas sumber daya manusianya (SDM). Sebagai salah satu pintu masuk utama wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, standar mutu SDM sangat dibutuhkan. Karena itu akan mempengaruhi mutu layanan yang diberikan.

Sebanyak 80 pekerja perhotelan di Kota Batam mengikuti Program Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) BNSP Anggaran Tahun 2023 pada 9-10 Mei 2023 di Hotel Santika Batam. (Foto: Hotel Santika Batam)

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Maestro Indonesia mensertifikasi 80 Pekerja Bidang Perhotelan di Batam melalui Program Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) BNSP Anggaran Tahun 2023. Para peserta mengikuti uji kompetensi berstandar ASEAN dengan Skema Okupasi Butcher dan Waiter yang diselenggarakan pada 9 sampai dengan 10 Mei 2023 di Hotel Santika Batam.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong para pekerja di sektor perhotelan Kota Batam agar  memiliki sertifikat sesuai dengan standar tuntutan dunia kerja. Dengan sertifikasi berstandar ASEAN sekaligus meningkatkan daya saing pekerja pariwisata Kota Batam di kawasan Asia Tenggara.

Sertifikasi profesi sangat penting sebagai bukti formal bahwa seseorang memiliki kompetensi dalam bidang tertentu. Ini sangat berguna bagi perusahaan atapun organisasi yang mencari tenaga kerja yang kompeten.

Uji kompetensi dan sertifikasi diinisiasi dan secara resmi dibuka oleh Sukardi, General Manager Hotel Santika Batam. Dalam keterangan tertulisnya, Sukardi mengatakan, kegiatan ini dapat memberi efek positif untuk karyawan maupun perusahaan serta semua yang mengikuti uji kompetensi.

Melalui uji kompetensi dan sertifikasi dapat meningkatkan kualitas produk serta layanan hotel di Kota Batam. Apalagi, Batam adalah salah satu penyumbang wisatawan mancanegara terbanyak di Indonesia. Jadi, kualitas hotel dan pekerjanya juga harus semakin ditingkatkan.***(Yun Damayanti)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *