KEPRI DITARGETKAN DAPAT MENJARING 25 PERSEN WISMAN KE INDONESIA PADA 2024

Tourism for Us – Kepulauan Riau (Kepri) masih menjadi andalan untuk menjaring kunjungan wisatawan mancanegara  (wisman) pada 2024 setelah Bali dan Jakarta. Dengan revitalisasi pelabuhan-pelabuhan dan pengajuan short visa bagi wisatawan dari Singapura dan Malaysia ke Kepri yang tengah diproses, provinsi kepulauan yang bertetangga langsung dengan Singapura dan Johor Bahru, Malaysia itu ditargetkan mampu mendulang 23 hingga 25 persen dari total wisman yang datang ke tanah air tahun depan.

Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Bintan, Kepulauan Riau, merupakan salah satu pintu utama masuknya wisman ke Indonesia. (Foto: Birkompublik Kemenparekraf)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bersama Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad dan Bupati Bintan Roby Kurniawan menyambut kedatangan wisatawan mancanegara pertama pada tahun 2024 di Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Bintan, Kepulauan Riau.

‘’Selamat datang wisatawan pertama yang datang ke Kepulauan Riau di Bintan. Tahun depan, kami siap dengan lonjakan yang signifikan. Untuk itu, kita pastikan bahwa pariwisata aman, nyaman dan menyenangkan. Kabar barunya untuk pengajuan short visa bagi wisatawan dari Singapura dan Malaysia ke Kepri sudah ada di Kementerian Keuangan,’’ ujar Menparekraf Sandiaga, Senin  (1/1/2024).

Berdasarkan data, jumlah kunjungan wisman ke Kepri mencapai 1,2 juta kunjungan hingga Oktober 2023.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad pun mengatakan, ‘’Diperkirakan dari data BPS hingga akhir Desember 2023 bisa mencapai 1,5 juta kunjungan. Mudah-mudahan tahun ini tidak ada turbulensi ekonomi agar pariwisata kita bisa meroket. Catatan kami, di tahun 2019 jumlah kunjungan wisman ke Kepri tembus mencapai hampir 3 juta kunjungan. Tahun ini saya berharap ada tambahan kapal dari Johor, Malaysia ke Kepri.’’

Kepri yang merupakan pintu masuk utama wisman dari jalur laut berpotensi mendatangkan kunjungan lebih dari 20 persen pada 2023. Oleh karena itu, pemerintah optimis menargetkan kunjungan wisman ke Kepri dapat mencapai 23-25 persen dari total wisman yang datang ke Indonesia tahun 2024.***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *