QATAR AIRWAYS LAYANI PENERBANGAN LANGSUNG DOHA-MEDAN TIGA KALI SEMINGGU DISAMBUT GEMBIRA AGEN PERJALANAN/OPERATOR TUR DI EROPA DAN SUMATERA UTARA

Tourism for Us – Qatar Airways resmi menambah layanan penerbangan langsungnya ke Indonesia sejak 15 Januari 2024. Medan, Sumatera Utara dipilih menjadi kota tujuan ketiga setelah Jakarta dan Bali. Penerbangan langsung ini disambut gembira oleh agen-agen perjalanan, operator-operator tur terutama dari Eropa. Operator-operator tur inbound di Medan pun langsung melihat peningkatan pemesanan perjalanan ke Sumatera Utara tahun ini.

Qatar Airways resmi menambah layanan penerbangan langsungnya ke Indonesia sejak 15 Januari 2024. Medan, Sumatera Utara dipilih menjadi kota tujuan ketiga setelah Jakarta dan Bali. (Foto: qatarairways.com)

Penerbangan perdana Qatar Airways  ke Medan dilakukan pada Senin, 15 Januari 2024, dan disambut dengan water canon sesaat  setelah mendarat. Penerbangan langsung ke Medan dilayani reguler setiap hari Senin, Kamis dan Sabtu. Keberangkatan dari Hamad International Airport pada pukul 2.40 waktu setempat dan tiba di Bandara Internasional Kualanamu pukul 13.30 WIB. Pesawat yang sama terbang kembali pada pukul 19.00 WIB dan tiba di Doha pukul 22.15 waktu setempat.  

Qatar Airways menggunakan pesawat Boeing 787-8 Dreamliner untuk melayani rute penerbangan langsung ke Medan. Konfigurasi kabin pesawat terdiri dari 22 kursi di Business Class dan 232 kursi di Economy Class.

Penumpang penerbangan perdana Doha-Medan disambut dengan cupcakes dan berbagai suvenir pada saat keberangkatan maupun kedatangan. Di Departure Gate of Hamad International Airport (DOH) para penumpang tujuan Medan tidak hanya mendapat cupcakes spesial tetapi juga dihibur penampilan musik. Event penerbangan perdana ini diselenggarakan oleh Qatar Airways, maskapai pemenang berbagai penghargaan, dan komite ‘’Years of Culture’’.

Qatar Airways pun menyiapkan menu Indonesia yang telah dikurasi dalam penerbangan perdana itu. Di antaranya, Nasi Goreng dengan Sate Sapi dan Nasi Lemak dengan Sambal Udang untuk kelas Bisnis dan Rendang Sapi di kelas Ekonomi.

Dalam rangka menyambut penerbangan perdana tersebut digelar Gala Dinner yang dihadiri oleh Duta Besar Qatar untuk Indonesia Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti, Duta Besar RI untuk Qatar Ridwan Hassan, dan Walikota Medan Muhammad Bobby Afif.

Rute baru ke Medan menandakan kesuksesan ‘Qatar-Indonesia 2023 Year of Culture’. Selain itu, dengan bertambahnya layanan penerbangan oleh Qatar Airways bertujuan untuk memperkuat ikatan antara Indonesia dan Qatar. Kedua negara bermaksud memperdalam pemahaman bahwa Qatar sebagai hub untuk seni dan budaya, pariwisata, pendidikan dan olahraga sekaligus merayakan keunikan budaya Indonesia dan membangun kemitraan berkelanjutan melalui lebih dari 50 program.

Smaragd Reisen, salah satu agen perjalanan besar di Belanda, kembali berkolaborasi dengan Synergi Ravelino Tours and Travel untuk mempromosikan Indonesia di Vakantiebeurs 2024. Booth Smaragd Reisen menjadi sumber paling representatif untuk mencari informasi berbagai destinasi dan produk-produk perjalanan ke Indonesia. Dan berita penerbangan langsung ke Medan oleh Qatar Airways disambut gembira oleh agen-agen perjalanan di sana. (Foto: Yul Hendry)

Penerbangan langsung ke Medan oleh Qatar Airways disambut pelaku industri pariwisata

Christine Kowandi dari Horas Tours and Travel, operator  tur inbound berbasis di Medan, menyambut baik dan optimis atas penerbangan langsung ke Medan oleh Qatar Airways.  

‘’Prospeknya bagus sekali. Selama ini, tamu-tamu kami banyak datang dari Singapura atau Kuala Lumpur. Tapi, kali ini kan direct flight ya. Apalagi Qatar Airways merupakan maskapai penerbangan dengan destinasi terbanyak di dunia. Kami sudah menerima banyak booking-an tahun ini dari Eropa yang akan datang dengan Qatar Airways,’’ ujar Christine.

Yul Hendry dari Synergi Ravelino Tours and Travel, operator tur inbound berbasis di Medan lainnya, mengatakan, agen-agen perjalanan di Belanda gembira dengan adanya penerbangan langsung ke Medan. Bagaimanapun, wisatawan dari Belanda merupakan pasar wisatawan mancanegara (wisman) yang penting bagi pariwisata Indonesia khususnya Sumatera Utara.

‘’Direct flight Qatar Airways ke Medan itu bagus sekali. Saya juga sudah bicara dengan agen-agen di Belanda dan mereka happy. Qatar Airways kan banyak penerbangannya ke Eropa. Jadi itu akan mempermudah perjalanan. Selama ini tamu-tamu kami biasanya menggunakan Garuda Indonesia atau Singapore Airlines. Kalau dengan Singapore Airlines tidak ada penerbangan langsung. Turun dulu di Singapura baru lanjut ke Medan,’’ tutur Yul.

Penerbangan langsung ke Medan oleh Qatar Airways juga disambut gembira oleh agen-agen perjalanan outbound dan umroh di Sumatera Utara. Perjalanan keluar negeri maupun perjalanan ibadah menjadi lebih mudah tanpa harus transit di Jakarta, Singapura atau Kuala Lumpur.

Namun, Qatar Airways tampak sedikit kecewa dengan respon dari Indonesia. Dengan menggadang-gadang Danau Toba di Sumatera Utara sebagai salah satu destinasi pariwisata yang diprioritaskan oleh pemerintah di pelbagai kesempatan, nyatanya penerbangan inbound dari Hamad International Airport ke Bandara Kualanamu kurang peminat. Menurut pandangan maskapai, kegiatan promosi harus lebih digencarkan untuk meningkatkan jumlah perjalanan inbound ke tujuan baru Medan.

Melihat respon antusias mitra-mitranya di Belanda, Yul berharap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Medan bekerja sama mendorong kegiatan promosi destinasi Sumatera Utara.

‘’Adakan familiarization trip (famtrip) bekerja sama dengan maskapai. Qatar Airways bisa mengundang agen-agen perjalanan dari berbagai negara, tidak hanya dari Qatar dan kawasan Timur Tengah, untuk famtrip ke Medan,’’ tambahnya.

‘’Saya berharap penerbangan ini dapat bertahan. Jangan sampai karena kurang promosi penerbangan Qatar Airways ke Medan berhenti beroperasi,’’ pungkas Yul.***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *