JUNEYAO AIRLINES LAYANI PENERBANGAN LANGSUNG SHANGHAI-DENPASAR SETIAP HARI

Tourism for Us – Maskapai penerbangan asal Cina Juneyao Airlines resmi melayani penerbangan langsung dari Shanghai ke Bali. Penerbangan perdana berlangsung pada 20 Januari 2024. Selanjutnya rute ini akan dilayani setiap hari dengan frekuensi satu kali penerbangan.

Juneyao Airlines melayani penerbangan langsung dari Shanghai ke Bali setiap hari mulai 20 Januari 2024. (Foto: Birkompublik Kemenparekraf)

Juneyao Airlines mengoperasikan armada Airbus A320 Neo berkapasitas 164 penumpang untuk melayani rute Shanghai-Denpasar. Menurut keterangan dari salah seorang pejabat maskapai pada saat penyambutan penerbangan perdana di Bali, khusus selama periode musim liburan tahun baru Cina (2-25 Februari 2024) maskapai akan menggunakan Boeing 787 Dreamliner yang dapat mengangkut hingga 324 penumpang. Penerbangan ini berangkat dari Shanghai pukul 8.35 CST (waktu Tiongkok) dan tiba di Denpasar pada pukul 15.10 WITA.  

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangannya di Jakarta, Senin (22/1/2024), mengatakan, ‘’Pascapandemi dan berangsur pulihnya ekonomi dunia, Bali masih menjadi destinasi favorit bagi wisatawan Tiongkok. Adanya penerbangan langsung Juneyao Airlines ini diharapkan dapat menjadi salah satu stimulus bagi kunjungan wisman tahun 2024 dan seterusnya.’’

Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) Wisnu Sindhutrisno dan General Manager Assistant of Flight Department Juneyao Airlines Zhao Wenbo hadir dalam seremoni penyambutan penerbangan perdana Juneyao Airlines rute Shanghai-Denpasar di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

‘’Kemudahan konektivitas ini tentu akan terus kami dukung agar dapat berkelanjutan. Bahkan dapat meningkat baik frekuensi maupun rute barunya ke depan. Sehingga dapat mendorong pencapaian target wisman asal Tiongkok ke Indonesia tahun 2024, yang diharapkan meningkat hingga dapat mencapai target 1 juta sampai dengan 1,5 juta kunjungan,’’ kata Wisnu.

General Manager Assistant of Flight Department Juneyao Airlines Zhao Wenbo menambahkan, Juneyao Airlines akan secara khusus memanfaatkan momentum Chinese New Year Holiday dengan menambah seat capacity selama periode 2-25 Februari 2024 dengan mengganti pesawat mereka menjadi Boeing 787  Dreamliner yang dapat mengangkut lebih banyak penumpang.

Kemenparekraf turut mendukung penerbangan perdana Juneyao Airlines dengan menyambut dan membagikan cenderamata Wonderful Indonesia kepada para penumpang penerbangan perdana tersebut di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Udara I Gusti Ngurah Rai. Pemerintah Provinsi Bali juga turut mendukung kegiatan ini dengan menghadirkan tari pendet sebagai tari penyambutan.

Tercatat, 28.810 wisatawan Tiongkok datang ke Bali, menyumbang 5,4 persen dari jumlah keseluruhan wisman ke Pulau Dewata pada bulan Desember 2023. Republik Rakyat Tiongkok menempati peringkat keempat kunjungan wisman ke Indonesia dengan total 707.347 wisatawan sepanjang Januari hingga November 2023.

Dalam rangka penerbangan perdana ini, Kemenparekraf berkolaborasi dengan Juneyao Airlines dan didukung beberapa mitra strategis yakni Hotel W Bali-Seminyak, Hotel HOMM Saranam Baturiti, The Mulia Nusa Dua, dan East Star Adventure Group (ESA-G), menyelenggarakan perjalanan pengenalan atau familiarization trip (famtrip) bagi Key Opinion Leaders (KOL) selama 5 hari 4 malam di Bali.***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *