F1 POWERBOAT KEMBALI DIGELAR DI DANAU TOBA AKHIR PEKAN INI

Tourism for Us – Danau Toba akan kembali menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H20). Balapan jet air ini akan digelar pada 1 hingga 3 Maret 2024 di Balige, Sumatera Utara.

F1 Powerboat di Danau Toba tahun lalu. (Foto: Birkompublik Kemenparekraf)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam ‘’The Weekly Brief with Sandi Uno’’, Senin (26/2/2024), mengatakan, F1 Powerboat 2024 menjadi kesempatan kedua bagi Danau Toba menjadi tuan rumah ajang balapan jet air ini. Penyelenggaraan F1 Powerboat 2023 mampu memberikan kontribusi ekonomi mencapai Rp 391 miliar.

‘’Tahun lalu kita mendapatkan penghargaan sebagai penyelenggara terbaik F1H20 terbaik di dunia, sebuah kebanggaan tersendiri untuk kita. Dan tahun 2024 ini mudah-mudahan penyelenggaraannya semakin baik dan nilai kontribusi yang sudah kita raih pada edisi sebelumnya dapat kita lampaui,’’ ujar Menparekraf Sandiaga.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) Visensius Jemadu menambahkan, predikat sebagai penyelenggara F1H20 terbaik di dunia tentu mendongkrak kredibilitas, kepercayaan dan kalibrasi kepada Indonesia.

‘’Penghargaan dan apresiasi ini tentu harus kita jaga. Kemenparekraf sebagai mitra juga akan menyelenggaraan side events seperti Toba Fest hingga penampilan pelaku seni lokal Sumatera Utara,’’ kata Visensius.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengungkapkan, rasa bangga atas terpilihnya Indonesia, khususnya Danau Toba sebagai tuan rumah event water sport internasional yang sangat bergengsi untuk kedua kalinya.    

‘’Belajar dari tahun lalu, ada dua perbaikan yang kita lakukan. Pertama, melakukan pembelajaran mengenai cuaca sehingga kali ini race akan dilaksanakan di pagi hari sebelum lunch time. Supaya ombak lebih tenang. Kemudian, pada siang hari kita akan mengadakan kejuaraan nasional Aqua Jetski,’’ kata Maya.

Kejuaraan nasional Aqua Jetski menjadi event road to Aquabike Jetski World Championship. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat dijaring bibit-bibit atlet nasional yang unggul.

Selain F1 Powerboat, pihaknya akan mengusung konten budaya lokal dengan menghadirkan Solu Bolon Competition. Solu Bolon adalah alat transportasi masyarakat setempat untuk menghubungkan antarkampung di sekitar Danau Toba. Event ini akan menjadi kompetisi Solu Bolon terbesar di Indonesia.

‘’Delapan kabupaten memperebutkan piala bergilir dan juga ada penampilan budaya. Tahun ini pastinya lebih spektakuler dibandingkan tahun lalu,’’ kata Maya.

Direktur Operasi ITDC Troy Reza Waroka mengatakan, persiapan F1 Powerboat sudah hampir 100 persen. Pembalap dan kru sudah mulai berdatangan melalui pintu Bandara Internasional Silangit. Untuk kesiapan race sendiri dari sisi logistik sudah rampung. Dan keterlibatan aktif masyarakat juga menjadi agenda utama dalam penyelenggaraan F1 Powerboat.

‘’Karena akan banyak rangkaian acara kebudayaan yang melibatkan masyarakat sekitar. Tentu mereka menyambut dengan sangat antusias acara ini. Kita harapkan persiapan yang dilakukan sudah hampir sempurna semua dan dengan dukungan seluruh pihak, insya allah, hasilnya akan baik,’’ kata Troy. ***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *