INDONESIA ANGKAT REGREENERATIVE TOURISM DI ITB BERLIN 2024, TARGETKAN 330 RIBU WISMAN

Tourism for Us – Indonesia hadir di Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin 2024 dengan kekuatan penuh. Pameran pariwisata terbesar di dunia itu telah berlangsung pada 5 hingga 7 Maret 2024 di Berlin Expo Center, Messe Berlin, Jerman. Dan sebanyak 93 pelaku industri pariwisata memenuhi paviliun Wonderful Indonesia seluas 396 meter persegi.

Sebanyak 93 pelaku industri pariwisata memenuhi paviliun Wonderful Indonesia di ITB Berlin 2024. (Foto: Birkompublik Kemenparekraf)

Sellers dari Indonesia didominasi oleh penyedia jasa akomodasi (hotel) dan operator tur/agen perjalanan. Kehadiran Indonesia di ITB Berlin 2024 juga berkat kolaborasi dengan maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menargetkan, partisipasi Indonesia di ITB Berlin 2024 dapat mendatangkan 330 ribu wisatawan mancanegara (wisman) dan menghasilkan potensi devisa sebesar Rp 5,5 triliun.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo memimpin delegasi Wonderful Indonesia di ITB Berlin 2024. Paviliun Wonderful Indonesia mengangkat tema ‘’Keep the Wonders: Journey Accross Destinations’’ dan isu ReGREENerative Tourism.

‘’Tahun ini paviliun Indonesia didominasi warna hijau karena kami mengangkat tagline ‘ReGREENerative Tourism‘ yang menggabungkan Regenerative dan Green Tourism, yakni sebuah filosofi di mana kita tidak hanya meminimalkan dampak negatif pariwisata namun juga aktif berkontribusi pada regenerasi ekosistem lokal, ekonomi, dan budaya. Singkatnya, kita berusaha membuat sebuah destinasi menjadi lebih baik,’’ ujar Wamenparekraf Angela.

Ia menerangkan lebih lanjut, Regenerative Tourism berusaha untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dan memberdayakan sumber daya baik manusia, alam, dan budaya lokal melalui responsible purchasing, supporting local economy, act of give to locals, minimizing plastic usage, sustainable oriented activities, dan choose the sustainable tour operator.

Selain pelaku industri pariwisata, diaspora Jerman sebagai perwakilan komunitas, BPPD Sulawesi Selatan, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Berlin sebagai perwakilan pemerintah, turut hadir di paviliun Wonderful Indonesia. Dan kegiatan promosi pariwisata tersebut diliput oleh Deutsche Welle, Metro TV dan TVOne.

Kemenparekraf bekerja sama dengan Garuda Indonesia serta didukung oleh KBRI di Den Haag dan Atlas Beach Bali menyelenggarakan Sales Mission di Amsterdam, Belanda (4/3/2024). (Foto: Birkompublik Kemenparekraf)

Sales Mission di Amsterdam, Belanda

Sehari sebelum ITB Berlin 2024 dimulai, Kemenparekraf bekerja sama dengan Garuda Indonesia serta didukung oleh KBRI di Den Haag dan Atlas Beach Bali menyelenggarakan kegiatan Sales Mission di Amsterdam, Belanda.

Sales Mission berlangsung pada 4 Maret 2024 di Hotel Jakarta, Amsterdam. Misi penjualan ini diikuti oleh 17 sellers dan dihadiri oleh 18 buyers. Para buyer mewakili perusahaan-perusahaan perjalanan mitra bisnis Garuda Indonesia kantor Amsterdam, Belanda.

Direktur Pemasaran Pariwisata Regional II Kemenparekraf/Baparekraf Cecep Rukendi mengatakan, sellers yang berpartisipasi di Sales Mission Belanda itu juga berpartisipasi di ITB Berlin 2024. Dia berharap, sellers bisa memaksimalkan kegiatan Sales Mission di Amsterdam dan bertemu dengan rekan bisnis potensial di Belanda.

‘’Jadi selain menyampaikan informasi terbaru tentang pariwisata Indonesia, ada juga informasi terbaru terkait destinasi dan penerbangan Indonesia-Belanda dan update dari Atlas Beach Bali. Adapun aktivitas utamanya adalah B-to-B, table top meeting, sebagai ajang untuk memperkenalkan dan menawarkan produk dan paket wisata Indonesia kepada potensial buyers di Belanda,’’ kata Cecep.

Belanda merupakan satu-satunya negara yang memiliki penerbangan langsung dengan maskapai plat merah yaitu Garuda Indonesia. Misi penjualan digelar guna mendongkrak penjualan paket-paket wisata ke Indonesia di pasar Belanda, tentunya diutamakan dengan menggunakan maskapai kebanggaan Garuda Indonesia.

Pada tahun 2023, kunjungan wisman asal Belanda ke Indonesia mencapai 250.201 (meningkat 113 persen) dibandingkan tahun 2019 sebanyak 215.287 wisatawan.***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *