INDIGO TAMBAH RUTE BARU, HUBUNGKAN BANGALORE-DENPASAR, BALI SETIAP HARI

Tourism for Us – Konektivitas antara Pulau Bali dan India semakin kuat dengan bertambahnya layanan penerbangan langsung. Maskapai penerbangan India IndiGo resmi melayani rute baru Bengaluru (sebelumnya Bangalore) ke Denpasar mulai akhir Maret 2024.

(Foto: Birkompublik Kemenparekraf)

IndiGo Airlines resmi melayani penerbangan langsung Bangalore-Denpasar mulai tanggal 29 Maret 2024. Rute ini diterbangi setiap hari dengan frekuensi satu hari sekali. Maskapai mengoperasikan pesawat Airbus A320 Neo berkapasitas 186 penumpang yang berangkat dari Bangalore pukul 00.50 IST (waktu India) dan tiba di Denpasar, Bali pada pukul 10.20 WITA.

Bali adalah destinasi kedua setelah Jakarta dalam ekspansi rute penerbangan IndiGo ke Indonesia. Rute terbaru ini akan meningkatkan aksesibilitas bagi wisatawan India yang ingin berlibur ke Pulau Dewata.

Dalam keterangan pers, Vinay Malhotra, Kepala Penjualan Global, IndiGo mengatakan, “Kami dengan bangga mengumumkan dimulainya penerbangan langsung antara Bengaluru dan Bali, salah satu tujuan yang sangat populer di kalangan wisatawan. Bali adalah tujuan kedua di Indonesia yang bergabung dengan jaringan 6E kami, setelah Jakarta, dan menawarkan pilihan perjalanan yang lebih beragam. Koneksi baru ini akan memainkan peran penting dalam memperkuat hubungan antara India dan Indonesia, sekaligus mempromosikan pariwisata dan membina potensi kolaborasi bisnis. IndiGo tetap berkomitmen untuk memenuhi janjinya mengenai pengalaman perjalanan yang terjangkau, tepat waktu, sopan, dan bebas repot melalui jaringan yang tak tertandingi.”

Operator-operator tur inbound di Bali yang pangsa pasar utamanya adalah India menanggapi positif penambahan rute oleh IndiGo. Eddie Tarsisius dari Absolute Indonesia DMC dan Ni Luh Werdiani dari PT Tria Uma Wisata, dua operator tur spesialis India di Bali, mengatakan, prospek rute Bangalore-Denpasar PP oleh IndiGo bagus.

‘’Kami juga dikabari load factor rute ini mencapai lebih kurang 85 persen,’’ ujar Eddie.

Keduanya mengungkapkan, New Delhi, Mumbai, Bangalore, Chennai, Hyderabad, Ahmedabad, Kerala dan Kolkata merupakan kota-kota di India yang menjadi sumber pasar bagi pariwisata Bali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam pernyataannya, Jumat (29/3/2024), di Jakarta, mengatakan, penambahan penerbangan langsung ini menjadi stimulus bagi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada 2024.

Penumpang penerbangan perdana IndiGo rute Bangalore-Denpasar disambut oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Dinas Pariwisata Provinsi Bali.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenprekraf Dessy Ruhati yang hadir dalam seremoni penerbangan IndiGo rute Bangalore-Denpasar tersebut mengatakan, ‘’Adanya kemudahan konektivitas ini tentunya senantiasa kami dukung secara berkelanjutan, sehingga dapat terus bertambah ke depannya.’’

‘’Dengan adanya rute penerbangan langsung dari Bangalore ke Denpasar ini diharapkan dapat menyumbangkan lebih banyak kedatangan wisman ke Indonesia, kususnya untuk segmen MICE,’’ tambah Dessy.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, wisatawan India yang berkunjung ke Bali pada tahun 2023 mencapai 440.415 orang dan menempati peringkat kedua setelah Australia. India menempati peringkat ke-6 dalam daftar kunjungan wisman ke Indonesia secara keseluruhan dengan 606.439 wisatawan pada tahun 2023.

Bengaluru merupakan kota metropolitan kelima dan kota dengan populasi penduduk ke-3 terbesar di India. Kota ini telah berkembang menjadi ‘Silicon Valley of India’’ atau pusat industri teknologi India.

Denpasar menjadi tujuan internasional ke-33 dan ke-119 secara keseluruhan yang bergabung dengan jaringan penerbangan internasional IndiGo yang luas, setelah mulai mengoperasikan penerbangan ke Jakarta pada tahun 2023.

Denpasar adalah ibu kota Bali dan berfungsi sebagai pintu gerbang utama ke pulau paling terkenal di Indonesia. Kota yang dinamis ini menawarkan beberapa situs bersejarah dan budaya yang penting dengan beragam pasar yang ramai, kuil yang menakjubkan, dan museum untuk dijelajahi pengunjung. Kota ini juga merupakan rumah bagi beberapa restoran terbaik di Bali, menyajikan hidangan lokal yang lezat dan masakan internasional. ***(Yun Damayanti)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *