ALOR CREATIVE MARKET, INISIATIF BARU DARI NTT

Alor bukan mengenai taman laut nan indah semata. Sekelompok anak muda di Alor terinspirasi dari lingkungan tempat tinggalnya yang masih natural dan segarnya buah mangga kelapa berinisiatif dan meluncurkan sebuah event yang diberi nama Alor Creative Market (ACM).

Alor Creative Market digagas dan dijalankan oleh sekelompok anak muda Alor untuk menjadi platform pasar kreatif sekaligus mempromosikan pariwisata Alor selain keindahan taman lautnya.(Foto:Alor Creative Market)

Salah seorang inisiator ACM Adi Gerimu menjelaskan, ACM digagas untuk menjadi tempat bertemu dan berbagi pengalaman antarpekerja kreatif sekaligus mempromosikan semua produk kreatif di Kabupaten Alor. Dan menjadi platform market place guna memasarkan produk-produk kreatif dari Alor secara langsung (offline) maupun secara daring (online).

“Kami berharap, ACM ini dapat menjadi role model pembentukan pasar-pasar kreatif di setiap kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kemudian, pasar-pasar kreatif itu bisa diintegrasikan dengan membangun data base semua produk kreatif dari kabupaten/kota. Dengan begitu, NTT akan punya platform kreatif daring sendiri yang dapat mempertemukan para kreator dan penjual produk-produk kreatif di sini dengan calon pembeli dari luar NTT,“ ujar Adi.

Alor Creative Market perdana berlangsung pada Sabtu, 31 Oktober 2020, hingga Minggu, 1 November 2020. Menurut rencana, ACM akan dibuka langsung oleh Bupati Alor. Pantai di Taman Suaka Alam Pantai (TSAP) Sebanjar, Desa Wisata Alor Besar, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor, menjadi tuan rumah.

Tema yang diangkat di event pertama ini adalah Kreatif Kuliner Mangga Alor. Karena sekarang memang puncak musim buah mangga kelapa atau mangga alor. Buah mangga di Alor berbentuk lebih bulat dan besar mirip buah kelapa.

Pesertanya terdiri dari kelompok kreatif produk perkebunan yang mengolah mangga alor, kelompok kreatif produk pertanian yang memperkenalkan beras hitam dan botok dari Pulau Pantar, dan kelompok kreatif tenun ikat dari Kampung Umapura dan Ternate, Kecamatan Alor Barat Laut.  

Selain pameran produk yang dibawa oleh kelompok-kelompok kreatif, salah seorang kreator kuliner mangga alor Santy Maro memperkenalkan olahan kuliner berbahan mangga alor. Di antaranya, salad mangga ikan teri/asin, sup mangga, sushi ikan dan mangga, fish fillet dengan saus mangga, ikan bakar sambal mangga, pepes ikan mangga muda, nasi bakar isi ikan dan mangga, es krim mangga kenari, puding mangga, hingga mango collada yang memadukan sopi –minuman beralkohol khas NTT– dan mangga alor, dan masih banyak lagi. Semua kuliner dan produk selain bisa dibeli langsung di tempat juga bisa dipesan secara daring.

ACM akan dilangsungkan setiap bulan. Untuk saat ini, event difokuskan pada produk-produk kreatif dari Alor. Setelah itu produk-produk kreatif dari kabupaten/kota lainnya di NTT.*** (Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *