PHRI: CIPTAKAN PASAR BARU MELALUI KOLABORASI

Tourism for Us – Salah satu program Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) sekaligus menjadi pilot project pada tahun 2022 adalah akan bekerja sama dengan pemangku kepentingan pariwisata lainnya untuk mempromosikan produk hotel. Jadi, promosi hotel dimulai dari bandara (aksesnya), mengenai akomodasinya sendiri sampai ke produk-produk ekonomi kreatif yang ada di daerah hotel berdiri. Dan pada periode tertentu akan menggelar paket-paket bundling dengan tiket pesawat.

Pangeran Beach Hotel tempat berlangsungnya Rakernas II PHRI Tahun 2022. (Foto: IG pangeranbeachhotelpadang)

Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani pada Rakernas II PHRI Tahun 2022, 8-9 Februari 2022, di Padang, Sumatera Barat, menyampaikan, fokus saat ini adalah bagaimana pelaku usaha dapat menciptakan pasar-pasar baru, membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui kolaborasi dengan berbagai pihak terkait seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, asosiasi pariwisata, BUMN hingga pihak swasta lainnya.

‘’Kami meyakini bahwa di tahun 2022 ini adalah momentum yang sangat baik. Karena sebagaimana kita ketahui, tren COVID-19 telah menunjukkan tanda-tanda menuju endemik atau menjadi suatu virus yang biasa terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Dan kami sudah melihat tanda-tanda itu di beberapa negara yang telah membuka dan melonggarkan protokol kesehatannya. Oleh karena itu, kami juga sangat berharap dukungan dan kolaborasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk kebangkitan ekonomi kita,’’ ujar Hariyadi.

Pada sesi jumpa pers, Ketua Umum PHRI mengatakan, tingkat keterisian hotel secara nasional pada kwartal pertama 2022 berkisar di antara 25 persen sampai 30 persen. Hal ini karena memang telah memasuki low season. Selain itu, peningkatan kasus baru varian Omicron di Indonesia, telah diprediksi sebelumnya, akan mencapai puncaknya pada bulan Februari 2022.

Tingkat keterisian kamar secara nasional diharapkan membaik mulai dari kwartal kedua tahun ini. Tingkat keterisian diharapkan dapat mencapai antara 40 persen hingga 45 persen. Dengan asumsi kasus baru varian Omicron melandai di bulan Maret, kegiatan perekonomian diharapkan meningkat lagi mulai dari kwartal kedua 2022.

Rakernas II PHRI Tahun 2022 berlangsung selama dua hari dan diikuti 27 DPD. Rakernas dilakukan secara hybrid. Pada sesi jumpa pers, Rabu (9/2/2022), Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, didampingi oleh Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani dan Sekjen PHRI Maulana Yusran, menyampaikan program Visit Beautiful Sumatera Barat 2023. Bank Indonesia menginisiasi program itu dan pemerintah daerah akan bekerja sama dengan pemangku kepentingan pariwisata di antaranya dengan PHRI.***(Yun Damayanti)     



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *