PARIWISATA INBOUND MULAI BERGERAK

Tourism for Us – Kewalahan dan terharu! Rasa ingin tahu akan kondisi terkini ditambah keinginan untuk segera berkunjung ke Indonesia membuat calon wisatawan Spanyol betah dan sabar menunggu giliran dilayani di booth Come2Indonesia di pameran pariwisata B-Travel 2022. Operator tur inbound spesialis pasar spanish speaking itu menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia di ajang pameran pariwisata terbesar di Spanyol. Giomar dan Miguel yang menggawangi booth tidak henti-hentinya menjawab berbagai pertanyaan pengunjung dari hari pertama sampai hari terakhir pameran.

Booth Come2Indonesia selalu diramaikan oleh pengujung pameran B-Travel 2022.(Photo Courtesy of Come2Indonesia)

Menurut Norberto Rodriguez Sanchez, Co-founder Come2Indonesia, ada enam destinasi paling banyak ditanyakan oleh calon wisatawan Spanyol yaitu Nusa Penida, Bali; Kalimantan (Borneo); Yogyakarta; Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur; Bromo (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru), Jawa Timur; dan Toraja, Sulawesi Selatan. Wisatawan Spanyol ialah wisatawan yang aktif. Perjalanan mereka multidestinasi. Mereka ingin melihat lebih banyak dalam tempo yang relatif cepat. Mereka akan menghabiskan waktu rata-rata antara dua sampai tiga malam di setiap destinasi.

‘’Come2Indonesia tetap optimis mempromosikan Indonesia untuk menjadi pilihan para wisatawan Spanyol. Antusiasme pengunjung pameran begitu hebat. Ini menunjukan bahwa para pelancong sudah siap berwisata kembali,’’ ujar Norberto.

B-Travel berlangsung pada akhir pekan 1-3 April 2022 di Recinto Montjuic, Barcelona, Spanyol. Ada lebih dari 30 destinasi internasional mengikuti pameran tahun ini. Selama tiga hari pameran berlangsung jumlah pengunjungnya mencapai 20.384 orang. Dalam situs resmi pameran menampilkan data menarik yakni 56,1 persen pengunjung ialah perempuan, dan 70 persen dari pengunjung berusia +50 tahun.

Pariwisata inbound mulai bergerak

Setelah pemerintah merelaksasi aturan perjalanan inbound, mengaktifkan kembali Visa on Arrival (masih terbatas untuk tujuan wisata dan diberikan kepada negara-negara tertentu) dan meniadakan karantina, para operator tur inbound mulai menerima pemesanan perjalanan wisata ke Indonesia. Pada umumnya, pemesanan untuk periode perjalanan mulai dari bulan Mei 2022 dan seterusnya. Beberapa di antaranya sudah menerima pemesanan perjalanan untuk bulan April 2022. Dan Bali masih menjadi destinasi terfavorit.

Barbara Purwa dari KCJB Tour, juga anggota Indonesia Inbound Tour Operator Association (IINTOA) DPD Bali mengatakan, anggota-anggota IINTOA di Pulau Dewata sudah menerima pemesanan perjalanan wisata ke Indonesia, khususnya ke Bali, dari sekarang dan ke depannya. Bali sebagai salah satu destinasi yang menjadi tren bertahun-tahun di kawasan Asia Tenggara sebelum pandemi dan sekarang sedikit dari destinasi yang menawarkan infrastruktur yang baik. Destinasi ini punya aktivitas di pantai, spa, ramah anak dan tidak membosankan bagi wisatawan yang mempunyai gaya hidup aktif.

‘’Karena Bali mempunyai semua yang diinginkan oleh wisatawan. Ada budaya, semua jenis aktivitas pun ada seperti bersepeda, arung jeram, ATV, snorkeling dan diving, pantai yang cantik, area persawahan, gunung berapi, pegunungan, danau, desa-desa tradisional, kerajinan tangan hingga berinteraksi dengan warga lokal dan kelas memasak. Semua tipe akomodasi pun ada mulai dari homestay, vila sampai hotel dan resor bintang 5,’’ tutur Barbara.

Setelah VoA untuk wisata juga diberlakukan di pintu masuk Jakarta, kebijakan ini cukup membantu para operator tur inbound mengakomodasi permintaan mitra-mitra maupun kliennya yang hendak bepergian ke Indonesia melalui Ibukota. Seperti disampaikan oleh Dahliana Ginting dari Lisa Tour, operator tur inbound asal Yogyakarta, inquiry yang masuk adalah perjalanan ke Bali dan Jakarta.

‘’Kami sudah menerima konfirmasi booking perjalanan untuk 17 April 2022. Inquiry yang masuk untuk periode perjalanan bulan Juni sampai Oktober 2022. Kami banyak menerima inquiry dari India dan sedikit dari Spanyol. Untuk langsung ke Yogyakarta penerbangannya belum ada. Menurut informasi, mungkin akhir bulan April penerbangan dari Kuala Lumpur, Malaysia, akan diaktifkan kembali,’’ terang Dahliana.    

Operator tur inbound di Yogyakarta lainnya pun telah menerima pemesanan-pemesanan. Wisatawan mancanegara (wisman) memilih paket-paket klasik ke Candi Borobudur dan Prambanan. Beberapa di antaranya meneruskan perjalanan ke timur menuju Bromo.

‘’Wisman sebenarnya sudah ingin datang ke Indonesia. Namun dengan beberapa peraturan yang sering berubah-ubah maka itu dirasakan menjadi kendala. Belum lagi peraturan di beberapa destinasi berbeda-beda. Kendala lainnya, peraturan vaksin antar negara berbeda-beda. Nah, hal ini juga membuat wisman agak kerepotan. Banyak yang masih menunggu kondisi seperti sebelum pandemi COVID-19,’’ kata Sudiyanto dari Antar Anda, operator tur inbound berbasis di Yogyakarta.

Sementara, Pulau Flores dan Sumba menjadi destinasi unggulan di Nusa Tenggara Timur (NTT). Rocky Pekudjawang, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Nusa Tenggara Timur (BPPD/NTT Tourism Promotion Board), mengatakan, operator tur-operator tur di NTT mulai menerima inquiry dan paling banyak untuk periode perjalanan mulai dari bulan November 2022 dan seterusnya.

Menurut Oyan Kristian dari NTT DMC, Labuanbajo jadi tujuan favorit. Operator turnya bahkan telah menerima lumayan banyak booking untuk periode perjalanan mulai dari April sampai Agustus 2022.

‘’Labuanbajo masih jadi favorit. Kami terima booking dari Eropa dan domestik. Rata-rata yang datang pasangan dengan durasi lama tinggal empat hari tiga malam di Labuanbajo saja,’’ kata Oyan.

Setelah peraturan mengenai VoA, penghapusan karantina dan lain-lain jelas, operator tur inbound di Surabaya juga menerima booking untuk perjalanan mulai dari bulan Mei 2022 dan seterusnya. Kebijakan pemberian Free VoA bagi warga negara anggota ASEAN pun mulai memperlihatkan geliatnya. Dan Bromo tetap jadi magnet utama wisman datang ke Jawa Timur.

‘’Relaksasi perjalanan inbound ke Indonesia baru dimulai bulan Maret. Sedangkan booking window untuk liburan musim panas pada bulan Januari sampai pertengahan Maret. Jadi kurang efektif untuk memaksimalkan penjualan di liburan musim panas, khususnya untuk pasar long haul seperti Eropa. Bagi kami, penjualan paket wisata bisa mencapai 20 persen daripada capaian tahun 2019 pada semester kedua 2022 sudah bagus. Semoga tahun 2023 tidak ada kendala lagi jadi kita bisa berharap lebih,’’ tutur Adjie Wahjono dari Aneka Kartika, operator tur inbound asal Surabaya.   

Operator tur-operator tur inbound di Jawa Barat belum ada yang menerima booking perjalanan wisman ke provinsi ini dalam waktu dekat.

‘’Perusahaan kami baru menerima satu booking perjalanan grup dari Afrika Selatan ke Jawa Barat pada bulan Oktober 2022. Saya berharap, ada booking yang masuk dari Singapura pada bulan Juni dan Juli 2022,’’ kata Herman Rukmanadi dari Bhara Tours, operator tur inbound asal Bandung.***(Yun Damayanti)  



2 thoughts on “PARIWISATA INBOUND MULAI BERGERAK”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *