BUYERS DARI 10 NEGARA HADIR DI JOGJA INTERNATIONAL TRAVEL MART 2022

Tourism for Us – Pasar pariwisata tahunan Jogja International Travel Mart 2022 berhasil meyakinkan pelaku industri pariwisata mancanegara bahwa selalu ada sesuatu yang baru di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Buyers dari Filipina yang sudah menjual Bali pun tertarik menjual destinasi Yogyakarta.(Foto: Dahliana Ginting)

Jogja International Travel Mart (JITM) memasuki penyelenggaraan ketiga belas tahun ini. Pasar pariwisata bertaraf internasional di DIY itu telah diselenggarakan pada 12-15 September 2022.

Program Travel Exchange dilaksanakan sehari penuh pada 13 September 2022 di Hotel Royal Ambarrukmo. Program post tour mengunjungi Candi Borobudur dan makan malam di Heha Skyview menjadi penutup kegiatan pasar pariwisata.

Sebanyak 46 buyers dari 10 negara hadir di JITM 2022. Buyers internasional datang dari Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, Filipina, Uni Emirat Arab, Belanda, Kanada, dan Perancis. Dan buyers domestik dari berbagai daerah di Indonesia.

Panitia mengatakan, tahun ini 60 sellers yang hadir seluruhnya dari Yoyakarta. Desa-desa wisata di Yogyakarta juga turut menjadi sellers di JITM 2022.

Pada jumpa pers setelah pembukaan JITM 2022, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharja mengungkapkan, kondisi pariwisata di Yogayakarta saat ini belum sepenuhnya pulih 100 persen dibandingkan tahun 2019.

‘’Saat ini baru pulih sekitar 40 persen. Oleh karena itu, Pemda DIY mendorong para pelaku wisata berinovasi dengan memperkenalkan dan menjual paket-paket ke desa wisata. Desa wisata menjadi andalan DIY menawarkan pengalaman baru kepada wisatawan,’’ kata Singgih.

Perhelatan JITM 2022 juga menjadi Road to ASEAN Tourism Forum (ATF) yang akan digelar pada Januari 2023 di Yogyakarta. ATF terdiri dari pertemuan menteri-menteri parwisata ASEAN  plus lima negara mitra ASEAN dan travel exhange.  

‘’Buyers semua antusias. Respon mereka bagus. Apalagi dari Filipina dan Kanada. Mereka belum pernah menjual Jogja tapi sudah menjual Bali,’’ ujar Edwin Ismedi Himna, Ketua JITM 2022.

Edwin juga yakin apabila penerbangan ke Yogyakarta kembali normal pada 2023, transaksi potensial yang diperoleh dari JITM 2022 sangat mungkin bertambah.***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *