INDOFEST INGIN HADIRKAN LEBIH BANYAK SHOWCASE PENGALAMAN OUTDOOR DI INDONESIA TAHUN DEPAN

Tourism for Us – Indonesia Outdoor Festival (INDOFEST) 2022 sukses menggaet total 44.951 pengunjung selama empat hari. Event tahunan yang diusung sebagai ‘Lebarannya Anak Outdoor’ telah berlangsung pada 1-4 September 2022 di Hall B Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Menurut catatan panitia, pengunjung tidak hanya dari wilayah Jabodetabek tetapi juga dari luar Pulau Jawa. Bahkan ada yang datang dari luar negeri.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo [tengah] didampingi Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rizki Handayani [kanan] hadir di INDOFEST 2022 pada hari pertama. (Foto: Birkompublik Kemenparekraf)

INDOFEST tahun ini menghadirkan showcase pengalaman dan produk campervan Indonesia. Banyak orang yang melakukan aktivitas di luar ruangan salah satunya menggunakan mobil. Mereka memodifikasi kendaraan roda empatnya menjadi seperti campervan. Kegiatan luar ruang yang satu ini terakselerasi dan marak sekali terutama setelah pandemi COVID-19.

Booth produsen produk-produk outdoor lokal seperti Consina dan Eiger diserbu pengunjung. Selain itu, booth Deuter dan The North Face juga tidak pernah sepi pengunjung. Jenama-jenama besar yang lekat di hati pecinta aktivitas luar ruang di Indonesia itu menawarkan diskon mulai dari 50 hingga 70 persen. 

Hal menarik terjadi di INDOFEST 2022. Booth peralatan memancing seperti Duraking dan Daiwa diburu oleh pengunjung pameran. Semua orang tahu kegiatan memancing. Namun, kegiatan ini belum dilirik sebagai suatu kegiatan rekreasi atau wisata maupun olahraga secara lebih serius di Indonesia. Bagi COS Event, penyelenggara INDOFEST, hal tersebut merupakan suatu pencapaian tersendiri bisa merangkul komunitas memancing dan menarik perhatian pengunjung.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo menghadiri INDOFEST 2022 pada hari pertama. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rizki Handayani turut hadir mendampingi Wamenparekraf.

Dalam keteragan pers Wamenparekraf Angela mengatakan, kegiatan wisata berbasis alam merupakan salah satu yang paling diminati masyarakat saat ini.  Wamenparekraf bangga sebagian besar produk yang dihadirkan di INDOFEST 2022 merupakan produk lokal. Dengan demikian, event semacam ini diharapkan dapat membuka lapangan kerja di kalangan masyarakat dan mendukung kebangkitan ekonomi Indonesia.

Chief Executive Officer COS Event Disyon Toba dalam keterangannya di Jakarta, Senin (5/9/2022) menjelaskan, antusiasme pengunjung sudah diprediksi. Pameran bakal ramai karena ditunda selama dua tahun lantaran pandemi COVID-19.

‘’Kita sangat puas. Ini menjadi bahan bakar lagi buat kami. Dua tahun INDOFEST tidak digelar. Artinya bahwa outdoor masih mendapat perhatian dan juga tempat di hati masyarakat Indonesia sendiri dengan sambutan yang sangat meriah. Sehingga kami tetap bersemangat untuk membuat lagi yang lebih baik di tahun depan,’’ ujar Disyon.

Disyon berharap, COS Event dapat menggelar INDOFEST semakin besar. Sehingga semakin banyak yang ikut berpartisipasi dan semakin banyak masyarakat, komunitas, dan pemangku kepentingan di sektor outdoor yang datang. Dan semakin banyak pula menampilkan kreativitas dan inovasi yang dikembangkan.

‘’Sehingga produk Indonesia dapat dikenal baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Serta semakin banyak lagi olahraga yang ikut berpartisipasi, bukan hanya yang dilakukan di outdoor saja seperti sepeda, rafting, trekking dan lainnya,’’ tambahnya.

Eva Fitri Yeni, Ketua Pelaksana INDOFEST 2022, berjanji akan memberikan pengalaman dan aktivitas menarik lainnya di gelaran INDOFEST mendatang. Sehingga pengunjung mendapat pengalaman lebih dan bukan hanya sekedar berbelanja.

‘’Pengalaman-pengalaman apa saja yang mesti kita hadirkan ke depan dan tren apa yang sedang berlangsung saat itu. Seperti tahun ini, kami menghadirkan campervan Indonesia. Karena setelah pandemi, banyak orang yang melakukan aktivitas di luar ruangan salah satunya menggunakan mobil. Mobilnya ada yang dimodifikasi menjadi seperti campervan. Dan ini marak sekali setelah pandemi,’’ kata Eva.

Selain pameran peralatan dan perlengkapan luar ruang, pengunjung juga dapat mengikuti talkshow, menjajal keseruan olahraga luar ruang seperti wall climbing dan hiburan musik. Mustache and Beard, Adhitia Sofyan, Fourtwnty, Pindad Rockstar dan Navicula menghibur pengunjung pameran.***(Yun Damayanti)             



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *