PERTEMUAN SELLERS INDONESIA-BUYERS PERANCIS DI WORKSHOP TOURISM INDONESIA DI PARIS MINGGU INI

Tourism for Us – Workshop Tourism Indonesia di Perancis akhirnya hadir kembali. Workshop pertama setelah tiga tahun absen mengangkat tema ‘’Indonesia Vous Attend’’ yang artinya, Indonesia menunggu Anda. Program workshop berupa Table Top B-to-B Meeting dan akan digelar pada tanggal 2-3 Maret 2023 di House of Indonesia Paris (La Maison De L’Indonesie/LMDI).

Sumber ; La Maison De L’Indonesie

Dalam keterangan tertulis House of Indonesia Paris menyebutkan sebanyak 19 sellers terdiri dari hotel, DMC dan maskapai penerbangan akan mengikuti Workshop Tourism Indonesia. Lotus Asia Tour, Bali Seken, Adventure Indonesia mewakili DMC dan operator tur di Indonesia. Dari akomodasi hadir Kura Kura Resort, Wapa Di Ume, Grand Mirage, Bali Mandira, Bali Tropik, Courtyard Marriott Nusa Dua, Pramana Hotels, Alaya Hotels, Segara Village, Sol in Bali, Tampah Hills, Kappa Senses Ubud, Bel Indonesia dan Plataran. Dua maskapai penerbangan yakni Garuda Indonesia dan Etihad hadir menawarkan transportasi menuju berbagai destinasi di Indonesia.  

Buyers yang diundang ke table top meeting adalah perusahaan-perusahaan travel agents, tour operators, tour consultants, MICE agents, dan group CE di Perancis. Beberapa media Perancis juga turut diundang menghadiri workshop.

Table top meeting mulai dari pukul 11.00 sampai pukul 19.00 waktu setempat setiap hari selama dua hari. Workshop Tourism Indonesia tahun ini menargetkan sekitar 100 buyers per hari atau total 200 buyers selama 2 hari. Event B-to-B ini dikoordinasikan oleh Eka Moncarre (Ex VITO Perancis).

Sekitar 52%  orang Perancis berlibur keluar negeri pada tahun 2022. Dan pada tahun 2023 sebanyak 75% orang Perancis menyatakan ingin berlibur ke luar Perancis.

Pasar Eropa terutama Perancis adalah pasar yang sangat penting unutk pariwisata Indonesia. Sebelum pandemi, ada sekitar 300.000 orang Perancis berlibur setiap tahun ke Indonesia. Dengan meningkatnya animo berlibur keluar negeri, ini merupakan potensi market yang bagus untuk digenjot.

‘’Oleh sebab itu, kegiatan promosi Workshop Tourism Indonesia menjadi penting di Perancis. Salah satu kegiatan marketing destinasi Indonesia ini rutin dilaksanakan setiap tahun sebelum pandemi COVID-19. Karena tanpa promosi Indonesia yang konsisten dan berlanjut, pemulihan pariwisata Indonesia di pasar internasional, terutama Perancis, akan sangat sulit.,’’ ujar Eka, juga founder House of Indonesia Paris (La Maison De L’Indonesie/LMDI).

House of Indonesia Paris (La Maison De L’Indonesie/LMDI) melanjutkan kegiatan promosi pariwisata Indonesia secara mandiri dan independen. Apa yang telah dilakukan oleh House of Indonesia Paris diapresiasi oleh para pelaku pariwisata di Perancis.

Sejak kegiatan Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) dihentikan mulai Oktober 2022, promosi pariwisata Indonesia di mancanegara seakan tenggelam. Para pelaku industri pariwisata di sumber pasar kehilangan pusat informasi resmi untuk memverifikasi berbagai hal termasuk kegiatan promosi pariwisata yang sedang dilakukan Indonesia.

Dengan menggelar lagi Workshop Tourism Indonesia tahun ini, diharapkan dapat meningkatkan promosi pariwisata dan berlanjut dengan promosi-promosi lainnya untuk pemulihan ekonomi Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai workshop Indonesia dapat dilihat di sini https://www.cstpro-agv.com/workshop-indonesie. ***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *