POTENSI DEVISA DARI TRAVEX ATF 2024 CAPAI RP 41 M

Tourism for Us – Capaian potensi bisnis dari Travex ASEAN Tourism Forum (ATF) 2024 melebihi target. Dari travel exchange (travex) di Laos, Indonesia memperoleh potensi lebih dari 19.000 calon wisatawan mancanegara (wisman) dan devisa Rp 41 miliar. Sebelumnya, nilai transaksi potensial ditargetkan hanya Rp 22 miliar. Travex ATF 2024 telah berlangsung pada 24-26 Januari 2024 di Lao ITECC Exhibition Center, Laos.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi travex ATF 2024 dan bertemu dengan sellers yang mengisi paviliun Wonderful Indonesia, Jumat (26/1/2024), (Foto: Birkompublik Kemenparekraf)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi travex ATF 2024, Jumat (26/1/2024), dan bertemu dengan sellers yang mengisi paviliun Wonderful Indonesia.

Pada travex ATF tahun ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf)  membawa 13 sellers terdiri dari operator tur/agen perjalanan, akomodasi dan operator kapal phinisi (liveaboard).  

Borobudur sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dipilih sebagai tema utama paviliun Wonderful Indonesia. Dan Desa Wisata Candirejo menjadi destinasi utama yang ditawarkan kepada para buyers.  

‘’Alhamdulillah kita bisa membawa pulang capaian yang sangat membanggakan. Karena awalnya tidak terlalu memiliki ekspetasi yang tinggi. Tetapi, ternyata hasilnya optimal dan melebihi target hingga hampir dua kali lipat,’’ ujar Menparekraf Sandiaga.

Travex pada ASEAN Tourism Forum merupakan forum business-to-business (B-to-B) bagi para pelaku usaha pariwisata dari negara-negara ASEAN. Travex diikuti oleh national tourism organization (NTO), pelaku industri pariwisata seperti hotel, operator tur/agen perjalanan, penyelenggara MICE dan lain-lain. Travex ATF2024 dihadiri sekitar 700-1.000 pengunjung dari berbagai kalangan termasuk investor.***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *