INDONESIA DITUNJUK JADI TUAN RUMAH DUA EVENT UNWTO TAHUN INI

Tourism for Us – Indonesia akan menjadi tuan rumah (host) dua event internasional hasil kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bersama United Nations World Tourism Organization (UNWTO) pada tahun 2024. Dua event itu adalah ‘’Indonesia Tourism Investment Forum’’ di Jakarta dan ‘’The Regional Conference on Woman Empowerment in Tourism’’ di Bali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno (kanan) bertemu dengan Director of the Regional Department of Asia and the Pacific at UN Tourism Harry Hwang (kiri), Jumat (26/1/2024), di sela-sela agenda ATF 2024 di Vientiane,Laos. (Foto: Birkompublik Kemenparekraf)

‘’Indonesia Tourism Investment Forum’’ direncanakan dihelat pada pertengahan tahun 2024. Dan ’’The Regional Conference on Woman Empowerment in Tourism’’ akan berlangsung selama dua hari.

’’The Regional Conference on Woman Empowerment in Tourism’’ adalah konferensi internasional mengenai pemberdayaan perempuan dalam pariwisata. Konferensi ini akan menjadi ruang penghubung antara inoovasi dan kolaborasi, mempertemukan tokoh-tokoh terkemuka baik dari sektor publik maupun swasta untuk membahas keterkaitan antara kemajuan digital dan praktik pariwisata berkelanjutan. Konferensi tersebut tidak hanya sebagai forum diskusi namun juga sebagai batu loncatan untuk melakukan langkah-langkah nyata dan juga kemajuan dalam bidang pariwisata global.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno usai bertemu dengan Director of the Regional Department of Asia and the Pacific at UN Tourism Harry Hwang, Jumat (26/1/2024), mengatakan, dengan total sumbangsih dari sektor pariwisata yang sudah lebih di atas 10 persen secara global membuat UNWTO ingin bermitra lebih erat dengan Indonesia.

‘’Indonesia sebagai anggota Dewan Eksekutif UNWTO menjadi pemimpin yang sangat diperhitungkan dan ditunggu masukannya dalam setiap perkembangan dunia pariwisata, terutama mengenai pariwisata hijau dan pariwisata berkelanjutan,’’ ujar Menparekraf Sandiaga.

Pelaksanaan event-event internasional bersama UNWTO di Indonesia diharapkan dapat memberikan dampak yang luas terhadap perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Tanah Air.  

Pertemuan Menparekraf dengan UNWTO dilakukan di sela-sela agenda ASEAN Tourism Forum (ATF) 2024 di Viantiene, Laos.***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *