MENPAREKRAF YAKINKAN PARA INVESTOR AUSTRALIA TERUS BERINVESTASI DI SEKTOR PAREKRAF INDONESIA

Tourism for Us – Banyak investor asal Australia ingin mengetahui keadaan ekonomi dan politik Indonesia pascapemilu.

Bloomberg Media Group memfasilitasi investor round table discussion yang mempertemukan delegasi Kemenparekraf dengan para investor Australia, Senin (19/2/2024), di Sydney. (Foto: Birkompublik Kemenparekraf)

Salah satu agenda kunjungan kerja (kunker) sehari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di Sydney, Australia adalah mengikuti investor round table discussion yang difasilitasi oleh Bloomberg Media Group, Senin (19/2/2024). Dan kemudian dilanjutkan dengan wawancara mengenai inisiatif promosi pariwisata ke depannya.

Investor round table discussion dihadiri oleh CEO dan pendiri dari berbagai perusahaan ternama di Australia, termasuk SAS Trustee Corp., FinTech Australia, NSW Start-up Community, Quintessence Labs [Quantum], Perennial Value Management, FootprintLab, Enteruptors, Downer, Grok Ventures, dan Startmate.

Menparekraf Sandiaga Uno menekankan bahwa Indonesia telah berhasil menyelenggarakan pemilihan umum yang sukses dan damai. Keberhasilan pemilu ini tidak hanya memperkuat stabilitas politik tetapi juga menjamin keberlanjutan kondisi ekonomi dan iklim usaha yang kondusif di Indonesia. Hal itu merupakan indikator positif bagi para investor dan pelaku usaha.

‘’Kita sampaikan bahwa semua situasinya kondusif dan ada optimisme yang lebih bagi keberlanjutan pembangunan Indonesia ke depan,’’ ujar Sandiaga.

Menparekraf kemudian mengajak para investor yang hadir untuk tidak ragu menanamkan investasinya di Indonesia. Pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai salah satu sektor unggulan penopang ekonomi Indonesia juga merupakan kontributor utama terhadap realisasi investasi nasional pada tahun 2023.

Investasi dari investor Australia di Indonesia mencapai 41.529,3 juta dollar AS pada 2023. Restoran dan hotel berbintang menjadi sektor investasi unggulannya.

Hal ini tidak lepas dari tingginya minat kunjungan wisatawan Australia ke Indonesia. Jumlah kunjungan dari Negeri Kanguru mencapai 1.431.177 wisatawan sepanjang tahun 2023.

Data terbaru menunjukkan, Indonesia berhasil melampaui Selandia Baru sebagai tujuan pilihan wisatawan Australia.

‘’Ini adalah pertama kalinya dalam 50 tahun terakhir,’’ pungkas Menparekraf Sandiaga. ***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *