RI DAN AUSTRALIA PERKUAT KERJA SAMA PAREKRAF

Tourism for Us – Australia merupakan salah satu negara pasar utama wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. Kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno ke Australia minggu ini dalam upaya memperkuat kerja sama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) sekaligus mendongkrak kunjungan wisatawan Australia.

(Foto: Birkompublik Kemenparekraf)

Salah satu agenda kunjungan kerja Menparekraf adalah bertemu dengan Flight Center Group. Flight Center merupakan salah satu agen perjalanan terbesar di Australia. Dalam pertemuan tersebut, Menparekraf Sandiaga membahas berbagai potensi kerja sama termasuk promosi yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan Australia.

‘’Kunjungan wisatawan Australia terutama sesuai dengan target peningkatan kualitas dan keberlanjutan dari sektor parekraf. Diharapkan akan lebih erat lagi kerja sama antara Indonesia dan Australia,’’ kata Menparekraf Sandiaga dalam keterangannya, Selasa (10/2/2024).

Agenda berikutnya, Menparekraf Sandiaga menghadiri investor round table discussion yang difasilitasi oleh Bloomberg. Menparekraf mengatakan, banyak investor Australia yang ingin mengetahui keadaan ekonomi dan politik Indonesia pascapemilu.  

‘’Kita sampaikan bahwa semua situasinya kondusif dan ada optimisme yang lebih bagi keberlanjutan pembangunan Indonesia ke depan,’’ kata Sandiaga.

Di hari yang sama, Menparekraf Sandiaga meninjau dan memantau langsung program Indonesia Spice Up the World (ISUTW). Menparekraf mengunjungi beberapa restoran Indonesia di Sydney. Di antaranya Garam Merica dan The Sambal.

‘’Kita ingin mengangkat lebih banyak produk ekonomi kreatif agar bisa ditampilkan di sini. Nanti kita kembangkan lagi beberapa langkah kerja sama dengan Kemenparekraf agar bisa meningkatkan dampak ekonominya,’’ kata Sandiaga.

Agenda kunjungan kerja Menparekraf ditutup dengan mengunjungi Surau Sydney Australia. ***(Yun Damayanti)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *