HOUSE OF INDONESIA PARIS SIAP BERI ‘PENGALAMAN INDONESIA’ MULAI PERTENGAHAN MEI 2022

Tourism for Us – Rumah Indonesia di Paris atau House of Indonesia Paris (La Maison De L’Indonesie/LMDI) siap menerima kunjungan baik warga kota maupun wisatawan global yang tengah berkunjung di kota itu, yang ingin melepas rindu maupun mereka yang tertarik untuk mengenal negeri kepulauan terbesar di dunia melalui seluruh panca inderanya. House of Indonesia berlokasi di distrik bisnis dan pariwisata kota Paris di kawasan Montparnasse dan akan beroperasi mulai 18 Mei 2022.

House of Indonesia akan menjadi melting point bagi mereka yang ingin melepas rindu maupun mereka yang tertarik untuk mengenal negeri kepulauan terbesar di dunia melalui pengalaman seluruh panca inderanya. (Photo Courtesy of House of Indonesia Paris/LMDI)

House of Indonesia menempati sebuah gedung seluas 125 meter persegi. Interiornya didekorasi dengan nuansa Indonesia yang kental. Interior bertema Nusantara dikerjakan langsung oleh seniman-seniman berbakat dari Indonesia yang tinggal di Perancis.

Langit-langit dilukis dengan motif batik cirebonan mega mendung. Tiga patung kayu berbentuk elang jawa, cendrawasih dan enggang, merepresentasikan kekayaan fauna Nusantara, menghiasi langit-langit House of Indonesia. Selain itu, sebuah lukisan mural sebesar 2×3 meter menghiasi salah satu bagian dinding. Lukisan mural berwarna-warni itu menampilkan budaya, tradisi, flora, dan fauna Indonesia.

House of Indonesia dilengkapi dengan Warung Kopi Indonesia. Kata ‘warung’ memang sengaja dipilih karena itu merupakan salah satu yang akan selalu mengingatkan orang-orang asing tentang Indonesia. Di warung kopi, pengunjung bisa menikmati berbagai sajian kopi, teh, dan cokelat panas serta jamu dengan bahan-bahan asli dari berbagai daerah. Tidak hanya itu, untuk menemani beragam minuman tersebut pengunjung juga bisa mencicipi beberapa makanan paling disukai oleh orang Indonesia di antaranya Nasi Goreng, Nasi Uduk, Mie Goreng, dan Mie Ayam. Menu-menu itu disajikan secara bergantian setiap hari.

Peta kopi nusantara diukir di atas sebilah papan kayu besar dan ditempatkan di posisi paling mudah dilihat di dalam ruangan. Peta itu menunjukkan daerah-daerah penghasil kopi di Indonesia. Jadi pengunjung tidak hanya minum kopi saja tetapi juga mengetahui biji kopinya ditanam di mana. Kopi Tubruk, Es Kopi Gula Aren, dan Kopi Drip a la Indonesia bersanding dengan menu-menu kopi internasional yang-semua-orang-sudah-tahu.   

Untuk menuntaskan pengalaman pengunjung, House of Indonesia menjual beragam jenis biji kopi Nusantara dalam bentuk Bulk Store (Zero Waste) di mana pengunjung bisa mengambil sendiri kopi yang mereka inginkan. Pengunjung pun dapat membeli bumbu-bumbu rempah, jamu, tepung-tepung natural, kecap kelapa, coklat, moringa, teh, dan masih banyak lagi produk-produk yang dibuat oleh artisan-artisan dan pelaku UMKM dari berbagai daerah di Indonesia.  

Barang-barang kerajinan, wastra Nusantara dan buku-buku mengenai Indonesia (pariwisata, seni, memasak, gaya hidup dll.) turut dipamerkan di House of Indonesia. Pengunjung juga dapat membelinya.

‘’Setelah dua tahun berdiri dan mempromosikan produk-produk Indonesia di tengah pandemik di berbagai event expo, pameran, dan markets di Perancis, akhirnya Rumah Indonesia (LMDI) di Paris memiliki gedung sendiri secara permanen. Kami bisa melakukan kegiatan promosi produk-produk Indonesia dan pariwisata secara maksimal. Setelah tiga bulan renovasi, kami siap menerima siapapun yang ingin datang untuk melepas rindu dengan Indonesia maupun mereka yang berkunjung karena mau tahu tentang negeri ini,’’ ujar Eka Moncarre, Founder House of Indonesia (LMDI).

Eka menambahkan, rempah-rempah yang dipromosikan di House of Indoneisa adalah fresh spices dalam bentuk bubuk. Begitupun bumbu-bumbu racik makanan Indonesia dan minuman jamu. Semuanya dibuat dari rempah-rempah asli, tanpa bahan pengawet, tanpa tambahan zat pewarna dan tidak mengandung MSG.

‘’Kami punya tim sendiri yang mengkurasi dan menyeleksi semua produk yang ditampilkan di House of Indonesia. Bumbu dan jamu misalnya. Di sini sangat concern dengan penggunaan bahan-bahan alami dan organik. Menjalani hidup secara lebih sehat sudah menjadi kebutuhan bukan lagi sekedar gaya hidup,’’ kata Eka.  

House of Indonesia telah mempersiapkan berbagai program kegiatan di antaranya pameran seni (art and photo expo), workshops, mini market dan lain-lain. VITO’s Corner  (Visit Indonesia Tourism Office) di mana tersedia brosur dan peta destinasi-destinasi wisata Indonesia yang dibuat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mendukung program yang telah dirancang tersebut.  

La Maison De L’Indonésie (House of Indonesia Paris/ Rumah Indonesia Paris)  adalah perusahaan swasta independen yang berdiri sejak 10 September 2020 di Perancis. Perusahaan ini dimiliki oleh diaspora Indonesia dengan tujuan utama untuk mempromosikan Indonesia dan produk-produk buatan Indonesia di Perancis dan dunia internasional. Nama dan logo LA MAISON DE L’INDONESIE sudah didaftarkan menjadi HAK CIPTA (HKI) di badan hukum Perancis yaitu INPI (Institut National de la Propriété Intellectuelle).

Rumah Indonesia Paris didukung platform lengkap mulai dari situs resmi www.lamaisondelindonesie.com hingga digital marketing. Produk-produk buatan Indonesia yang ada di House of Indonesia Paris juga dapat dibeli secara online maupun melalui marketplace.***(Yun Damayanti)       



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *