KEMENPAREKRAF GELAR FAMTRIP MEMPERKENALKAN DSP LABUAN BAJO DAN SEKITARNYA BAGI INFLUENCER INDIA

Tourism for Us – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar familiarization trip (famtrip) bagi influencer India. Famtrip kali ini fokus pada memperkenalkan destinasi super prioritas (DSP) Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Water front Labuan Bajo. (Foto: Birkompublik Kemenprekraf)

Famtrip dilaksanakan pada 24-29 Juni 2023. Famtrip diikuti oleh tiga influencers perempuan India yaitu Anupriya (IG @anupriyakapur), Rashmi Chadha (IG @rashmichadha), dan Mahi Sharma (IG @maahieway). Perjalanan India-Indonesia didukung oleh Singapore Airlines dan perjalanan domestik Jakarta-Labuan Bajo didukung oleh Garuda Indonesia.  

Peserta famtrip tiba di Jakarta pada 24 Juni 2023. Mereka bermalam di Anara Airport Hotel Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta sebelum melanjutkan penerbangan ke Labuan Bajo pada keesokan hari.

Di Labuan Bajo, peserta famtrip mengunjungi Taman Nasional Komodo (TNK). Selama berada di taman nasional, mereka melihat komodo di Pulau Komodo, kemudian ke pink beach. Lalu hiking ke puncak di Pulau Padar dan berhenti di gosong pasir di Taka Makassar. Peserta merasakan pengalaman seru live on board di atas kapal phinisi Sea Safari VII yang dioperasikan oleh Sea Safari Cruise selama menjelajahi TNK.

Di daratan, peserta merasakan pengalaman akomodasi yang ditawarkan oleh Labuan Bajo sebagai salah satu DSP. Mereka menginap di Plataran Resort & Spa  dan Meruorah Labuan Bajo yang merupakan tempat penyelenggaraan ASEAN Summit pada bulan Mei 2023 lalu.

Selain melihat komodo sebagai salah satu atraksi utama, peserta juga diajak mengeksplorasi daratan Pulau Flores di mana Labuan Bajo berada. Mereka mengunjungi Desa Wisata Wae Rebo bersama Grand Komodo Tours.

Menurut catatan Kemenparekraf, segmentasi wisatawan India yang datang ke Indonesia terdiri dari pasangan, keluarga, generasi milenial dan generasi Z (Gen MZ). Labuan Bajo dipilih karena menawarkan daya tarik wisata eksotik, aktivitas yang beragam, dan tersedia berbagai tipe akomodasi mulai dari homestay sampai resor mewah. Destinasi ini dinilai dapat ditawarkan kepada segmen pasar Gen MZ India yang menggemari petualangan.

‘’Melalui famtrip ini, kami ingin menyampaikan pesan agar wisatawan mancanegara khususnya dari India dapat menambahkan destinasi Labuan Bajo dalam perjalanan wisata mereka ke Indonesia. Sangat mudah menuju ke sana. Bisa melalui Jakarta langsung ke Labuan Bajo dengan menempuh dua jam penerbangan. Bahkan tidak sampai satu jam menggunakan pesawat dari Bali,’’ kata Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini dalam keterangan tertulisnya.

Penyelenggaraan famtrip bagi influencers India merupakan tindak lanjut dari keikutsertaan Indonesia pada pameran pariwisata internasional South Asia Travel and Tourism Exchange (SATTE) 2023 di New Delhi pada bulan Februari 2023 lalu.

Dalam menyelenggarakan famtrip, Kemenparekraf/Baparekraf berkolaborasi dengan maskapai Singapore Airlines dan Garuda Indonesia. Kedua maskapai penerbangan ini akan fokus mempromosikan lima Destinasi Super Prioritas. Famtrip juga didukung oleh Plataran Resort & Spa, Sea Safari Cruise, Meruorah Labuan Bajo, Grand Komodo Tours, dan Anara Airport Hotel Terminal 3 Soekarno-Hatta.***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *