TERBANG PERDANA KE INDONESIA, INDIGO BAWA MEDIA DAN INFLUENCERS INDIA ‘ENJOY JAKARTA’

Tourism for Us – Jakarta memang bukan Bali. Tetapi, hubungan antara Jakarta-India sudah terajut lama sekali. Selain Little India di Pasar Baru, ada juga kawasan Mayestik yang dikenal karena toko-toko kainnya. Bisa dikatakan, toko-toko kain di bilangan Jakarta Selatan itu banyak dimiliki/diusahakan oleh keturunan India.

Indonesia menerima banyak pengaruh dari India sejak dahulu. Salah satunya, penggunaan rempah (spices) dalam khasanah kuliner Nusantara. Keberadaan pasar swalayan khusus menjual rempah-rempah India di Jakarta ibarat museum hidup dari perjalanan hubungan kedua negara. Dan di era internet of thing (IoT), sudah jadi pemandangan umum melihat  ekspatriat India di perusahaan-perusahaan telekomunikasi dan teknologi di Ibukota.

Media dan Influencers India serta perwakilan IndiGo menikmati waktu malam di Jakarta. (Foto: Ina Leisure)

IndiGo Airlines, maskapai penerbangan berbiaya rendah asal India, akhirnya mendarat di Bandara Internasional Seokarno Hatta pada Senin, 7 Agustus 2023. Ini kali pertama maskapai penerbangan India melayani penerbangan langsung ke Indonesia. Dengan menggunakan pesawat Airbus A320, penerbangan perdana itu membawa 167 penumpang.

Untuk mendukung penerbangan perdana juga sebagai rangkaian program promosi pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan IndiGo mengadakan online contest di media sosial untuk calon wisatawan India dan perjalanan pengenalan (famtrip) destinasi Jakarta bagi media dan influencers India pada 7-10 Agustus 2023. Famtrip diikuti oleh 13 peserta terdiri dari jurnalis, social media influencers, dan perwakilan dari IndiGo.

Kemenparekraf bermitra dengan industri pariwisata melaksanakan famtrip bagi media dan influencers India yang ikut dalam penerbangan perdana IndiGo ke Jakarta. Pelaksanaann famtrip didukung oleh Le Meridien Jakarta sebagai penyedia akomodasi; Ina Leisure Tours & Travel, DMC yang menyediakan paket wisata; dan bus pariwisata dari PO Ainon.

Untuk pengalaman kuliner khas Indonesia didukung oleh Resto Dapur Babah dan restoran padang Salero Jumbo. Sedangkan untuk kuliner India di Jakarta didukung oleh Restaurant Man Aur Tan, Manhattan Hotel dan Ganesha ek Sanskriti, restoran india yang mudah dijangkau hanya berjalan kaki dari Le Meridien Jakarta.

Selama empat hari berada di Jakarta, peserta famtrip diperkenalkan dengan budaya dan sejarah kota. Mereka juga mencoba transportasi publik MRT dan Bus Trans Jakarta. Lalu menikmati keindahan laut di Pulau Pelangi, Kepulauan Seribu.

Vinay Maihotra, Head of Sales, IndiGo saat konferensi pers di Bandara Soekarno Hatta, Senin (7/8/2023), mengatakan, seiring upaya India dan Indonesia memperkuat hubungan bilateral dan meningkatkan konektivitas langsung, pembukaan rute baru ini memudahkan akses dan promosi perdagangan dan pariwisata kedua negara.

Chavi Leekha, Vice President, Corporate Communication, Indigo, memuji, paket wisata yang dijalankan dalam rangkaian famtrip sangat mengena dengan para wisatawan dari India ke Jakarta.

‘’Ada kunjungan ke pusat kota, obyek wisata, ke pulau, berbelanja, kuliner, semua dapat dijangkau dalam waktu 4 hingga 5 hari liburan bagi pelancong India,’’ kata Chavi Leekha.

Peran famtrip dalam marketing destinasi

Peran perjalanan pengenalan atau familiriazation trip (famtrip) dalam marketing destinasi yaitu memperkenalkan destinasi dan membangun kepedulian (awareness). Perannya itu tidak bisa digeser dalam membangun pariwisata di destinasi.  

Famtrip adalah investasi jangka pendek dan menengah bagi destinasi. Destinasi membangun citra melalui famtrip. Otoritas di destinasi dapat memanfaatkan momentum menjadi tuan rumah untuk menepis atau mengklarifikasi isu-isu yang beredar seputar destinasi.

Bagi pelaku industri perjalanan dan pariwisata, famtrip juga merupakan investasi jangka pendek dan menengah. Profil peserta famtrip bisa menjadi referensi pasar apa yang dapat dijangkau. Dengan menjadi tuan rumah (host) famtrip, pelaku industri bisa memperkenalkan produk-produknya dengan pengalaman riil.

Jongki Adiyasa, Owner PT Nusa Ina Leisure (Ina Leisure Tours & Travel), menyatakan apresiasi dan senang maskapai asal India itu melayani penerbangan langsung ke Indonesia. Maskapai penerbangan pasti sudah memikirkan masak-masak untuk melayani rute ke Jakarta walaupun statusnya nanti tidak lagi Ibukota negara.

‘’Ina Leisure mengambil kesempatan menjadi host famtrip ini untuk memperkenalkan destinasi Jakarta. Indians see Indonesia is Bali. Melalui famtrip kita memperkenalkan apappun yang mereka inginkan juga ada di Jakarta. Kuliner adalah salah satu isu krusial mendatangkan wisatawan dari India. Di sini, kita punya restoran yang menyajikan kuliner india. Makanan lokal juga mempunyai persamaan rasa dengan kuliner india seperti masakan minang. Untuk vegetarian, kita punya banyak pilihan baik yang bersumber dari kuliner lokal maupun yang bisa dipersiapkan secara khusus,’’ ujar Jongki.   

Selain itu, Jakarta menawarkan beragam pilihan tempat belanja. Ada Sarinah yang fokus pada artisan lokal dari berbagai daerah, pusat perbelanjaan mewah di Grand Indonesia, atau tempat belanja murah di Thamrin City dan Ambassador.

Kemudian, Kepulauan Seribu di Teluk Jakarta adalah tempat untuk melakukan berbagai aktivitas olahraga air dan rekreasi. Di pulau-pulau kecil itu ada pantai berpasir putih, air laut jernih berwarna biru toska, dan relatif tidak terlalu ramai.   

Jakarta gemerlap di waktu malam. Kota ini menawarkan banyak tempat cool untuk menikmati kerlap-kerlip cahaya lampu sembari makan malam romantis  dari ketinggian di gedung pencakar langit atau sekedar menyesap bir dingin, spirit hingga wine sebagai penutup hari.

’Jakarta is no longer the capital city. So, what is Jakarta? Maka dari sekarang kita mesti membangun awareness tentang destinasi Jakarta,’’ pungkas Jongki.***(Yun Damayanti)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *