INDONESIA HADIR DENGAN LEBIH BANYAK PROGRAM DI VIG 2023 PARIS

Tourism for Us – Indonesia akan hadir kembali di Village International De La Gastronomie (VIG) 2023. Salah satu event gastro-diplomasi terpenting di Perancis ini berlangsung pada tanggal 7 sampai 10 September 2023 di kaki Menara Eiffel dan di dalam tembok bersejarah Musee de L’Homme, Paris. Pada tahun ini, Indonesia tidak hanya menampilkan kuliner dan pertunjukan seni budaya Nusantara, tetapi juga membawa lebih banyak produk dan pameran seni kontemporer.

(Foto: House of Indonesia Paris/LMDI)

House of Indonesia sebagai mitra resmi dan koordinator ekslusif Indonesia village di VIG menghadirkan mitra-mitra dari Indonesia. Pada VIG 2023 Bank Indonesia dan PT Jakarta Kopi Premium mewakili Indonesia.

Program Indonesia village selama empat hari VIG 2023 berlangsung akan memberikan pengalaman panca indrawi kepada pengunjung. Programnya sebagai berikut:

Setiap hari, pengunjung VIG 2023 bisa mencicipi kelezatan masakan khas Indonesia seperti soto ayam, sate ayam, nasi goreng, dan aneka makanan ringan tradisional di paviliun Indonesia.

Selain itu, pengunjung juga bisa ikut berpartisipasi dalam workshop mengenai kopi, teh, cokelat, dan rempah di paviliun Indonesia mulai pukul 14.00-15.00 waktu setempat setiap hari.

Di penghujung hari, paviliun Indonesia menggelar HAPPY HOUR INDONESIA mulai pukul 16.00-18.00. Di sesi ini pengunjung dapat mencicipi jamu dan jajanan khas Indonesia gratis.

Produk-produk di antaranya kopi dari beberapa daerah, cokelat terbaik Indonesia, teh artisanal Indonesia, rempah-rempah termasuk jamu, minuman tradisional Indoesia yang dibuat dari rempah-rempah; dan keramik Indonesia yang indah turut dipajang di paviliun Indonesia.

Para diaspora Indonesia di Paris akan menampilkan tari-tarian dari berbagai daerah di Indonesia setiap hari pada pukul 15.00 di panggung utama. Pengunjung VIG 2023 juga akan diajak menari Poco-poco bersama-sama.

Pada hari terakhir, Minggu (10/9/2023), dipertunjukan demo masakan Indonesia pada pukul 13.00 dan demo pencak silat Indonesia di panggung utama pada pukul 15.00. Demo masak dibawakan oleh Chef Vindex Tengker dari Indonesia yang akan masak bersama chef dari Perancis.

Bertempat di Musee de L’Homme, pengunjung VIG 2023 dapat menikmati pameran unik seni kontemporer bertajuk ‘Indonesia Spice Art’. Pemeran ini menampilkan lukisan yang dibuat dengan menggunakan bahan dari kopi dan rempah-rempah karya Cira Bhang.

Di tempat yang sama, pengunjung juga dapat ‘’jalan-jalan ke Indonesia tanpa meninggalkan Paris’’ selain menikmati karya seni. Explore Indonesia di ‘’Indonesia Showcase’’ menyediakan headset virtual reality yang akan memberikan pengalaman traveling ke Indonesia sekaligus mencicipi produk-produk dari Indonesia.

Program Indonesia village semakin meriah karena setiap orang bisa mencoba dan berpartisipasi mengikuti kuis untuk memenangkan hadiah menginap di Indonesia untuk 2 orang.

VIG 2023, lebih besar lebih megah

Di bawah perlindungan tinggi dari Presiden Republik Perancis Emmanuel Macron dan Stephane Layani, Presiden Pasar Internasional Rungis, serta dukungan dari chef terkenal Perancis, Guy Savoy, Village International de la Gastronomie adalah satu-satunya acara gastro-diplomasi global besar yang didedikasikan untuk masakan tradisional dan populer.

Setiap tahunnya, event ini menyambut lebih dari 40.000 pengunjung. Dan pada penyelenggaraan tahun 2023 akan menggandakan jumlah pengunjungnya untuk mengakomodasi lebih banyak pengetahuan dan teritori.

Selama event berlangsung, eksibitor akan menyajikan beragam produk, memperkenalkan para koki dan resep-resep keluarga terbaik dari lebih dari 70 negara.

Selain itu, Forum France Alimentation yang diprakarsai oleh Presiden Emmanuel Macron akan menyatukan benua, lebih dari 70 negara dan seluruh wilayah Perancis melalui 25 pertemuan yang mempertemukan 150 pembicara, empat malam tematik, dan partisipasi penuh dari seluruh kedutaan besar negara-negara, industri perhotelan dan katering, penerbitan, penelitian ilmiah, pelaku pangan dan pembangunan berkelanjutan, asosiasi juru masak Perancis dan internasional, inisiatif yang mendukung iklim, anak-anak, pelajar; perdagangan, pertunjukan teater, pengrajin, produser, dan liputan media yang luas.

Eka Moncarre, pendiri House of Indonesia di Paris, mengatakan, VIG adalah salah satu event terpenting dalam diplomasi kuliner internasional di Perancis.

‘’Di sini, di VIG, kita melakukan promosi seni, budaya, perdagangan, dan pariwisata melalui gastronomi. Indonesia selalu aktif berpartisipasi dalam acara Village International De La Gastronomie (VIG) sejak tahun 2016,’’ ujar Eka.

Kehadiran Indonesia di antara 70 negara dan seluruh wilayah Perancis di VIG 2023 adalah untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk Indonesia ke publik Perancis dan internasional secara B-to-C dan B-to-B.***(Yun Damayanti) 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *